Ekonomi & Bisnis

Okupansi Tinggi, Kusuma Sahid Prince Hotel Apresiasi Pelanggan

Ekonomi & Bisnis

7 September 2019 05:20 WIB

Manajemen KSPH saat Customer Gathering 2019.

SOLO, solotrust.com - Bertepatan dengan peringatan Hari Pelanggan yang jatuh pada tanggal 4 September 2019, Kusuma Sahid Prince Hotel (KSPH) Solo menggelar agenda bertajuk Customer Gathering sebagai wujud apresiasi terhadap para mitra maupun tamu yang loyal dan terpilih. Terlebih okupansi hotel diketahui cukup bagus hingga semester kedua berjalan ini berkat kepercayaan para mitra dan masyarakat.

General Manager Kusuma Sahid Prince Hotel Solo, Sendang Kusumastuti menerangkan, acara tersebut dihadiri sebanyak 100 tamu undangan yang terdiri dari tamu loyal, relasi bisnis, media partner, maskapai, travel agent, event organizer, wedding partner, dan lainnya yang telah mempercayakan dan memilih Kusuma Sahid Prince sebagai partner tempat akomodasi dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan serta mendukung kegiatan hotel.



"Ini merupakan apresiasi manajemen kepada para pelanggan yang loyal yang selama ini memberikan dukungan sehingga Kusuma Sahid Prince Hotel di usianya yang ke 42 tahun masih tetap eksis, bisa mengikuti perkembangan jaman dan masih bisa bertahan di era persaingan hotel yang makin ketat," tuturnya kepada solotrust.com, Rabu (4/9/2019).

Sendang mengemukakan, kegiatan ini sekaligus wujud syukur atas pencapaian hotel yang rata-rata okupansinya sekitar 80 persen, dengan jumlah kamar sekitar 100 kamar. Sejauh ini, masih didominasi MICE government disusul tamu Online Travel Agent (OTA) yang cukup bagus. Kehadiran OTA ternyata mempermudah masyarakat untuk bepergian, sehingga tamu dari OTA mulai mendominasi di era digital ini. Meski begitu, okupansi didominasi MICE sebesar 60 persen, OTA sekitar 20 persen, sedangkan sisanya tamu korporat dan individual.

"Pencapaian pada semester pertama inline dengan target yang harus dicapai karena dampak momen Pemilu. Biasanya tren hotel Januari-Maret agak rendah, tapi setelah Pemilu bulan April kegiatan langsung meningkat dan kondisi membaik. Kemudian di semester kedua ini pergerakannya bagus sekali, diperkirakan bisa melebihi target. Karena Kusuma Sahid Prince Hotel dipercaya untuk kegiatan yang menggunakan lumayan banyak kamar dengan durasi menginap cukup lama. Bahkan untuk liburan akhir tahun kita sudah mengemas program," paparnya.

Agenda rutin tahunan tersebut sudah diadakan keempat kalinya di pendhopo hotel yang terletak di Jl. Sugiyopranoto No. 20, Solo.  Menurutnya, konsep acara kembali ke kearifan lokal dengan mengusung tema pulang kampung terlihat dari dekorasi dan kuliner. Di era milenial dan makin modern ini pihaknya ingin tetap melestarikan budaya dengan mengetengahkan konsep heritage sesuai dengan karakeristik bangunan hotel yang khas Jawa. Kekhasan bangunan ini yang dinilai justru menjadi nilai diferensiasi dibandingkan hotel-hotel yang lain. 

Acara juga dimeriahkan oleh penampilan peragaan busana dari MUA Solo, Yunus J. Waluya yang telah banyak menorehkan berbagai prestasi di bidang make up pengantin. Selain ramah tamah, jamuan makan siang dengan berbagai hidangan istimewa khas Kusuma Sahid Prince, juga dibagikan doorprize lima voucher menginap, 10 voucher berenang dan voucher makanan dan minuman bagi tamu-tamu yang beruntung. Di puncak acara, Sendang memperkenalkan seluruh jajaran Kepala Departemen serta Tim Penjualan dan Pemasaran (sales and marketing) dilanjutkan pemberian kenang-kenangan bagi 8 The Best Support dari beberapa kategori.

"Semoga dengan digelarnya acara silaturahim ini dapat terjalin hubungan yang lebih baik lagi dan kerja sama yang berkelanjutan. Kami akan terus berupaya membuat inovasi untuk selalu memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan tercinta," pungkasnya. (rum)

(wd)