Ekonomi & Bisnis

Wali Kota Tinjau Pembangunan SPBU Pedaringan, Progressnya 27 Persen

Ekonomi & Bisnis

1 September 2019 12:54 WIB

Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo saat sambutan dalam peninjauan progress pembangunan SPBU Pedaringan, Jumat (30/8/2019). (Dok. Humas Pemkot Surakarta).

SOLO, solotrust.com - Wali Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo meninjau pelaksanaan pembangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Perumda PAU (Pergudangan dan Aneka Usaha) Pedaringan Kota Surakarta di Jalan Ki Hajar Dewantara, Jebres, pada Jumat (30/8/2019).

Baca: Optimalkan Layanan di Tol Trans Jawa, Pertamina Resmikan SPBU KM 519



Peninjauan itu dilakukan dalam rangkaian agenda mider praja bersama, Wawali Achmad Purnomo, jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot beserta anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Surakarta pagi ini, kedatangan rombongan wali kota disambut Direktur Perumda PAU pedaringan kota Surakarta Kriswanto Tri Santosa.

Dalam laporannya, Kriswanto menyampaikan kepada Wali Kota beserta jajaran, pemaparan mengenai gambaran pembangunan SPBU Pedaringan, mulai dari luasan hingga sejumlah item dan fasilitas pendukung di dalamnya.

Ia menyampaikan bila pembangunan sudah berjalan sejak 1 juli 2019 dan ditargetkan rampung pada 27 Desember 2019.

"Sampai sekarang sudah progres pengerjaan 27 persen. SPBU Pedaringan di bangun dengan luas 2700 meter persegi. Nanti akan dibangun 4 pulau poma dengan 4 dispenser pump dan masing masing terdiri dari 6 Nozzle, tangki Pendam 7 Unit dengan kapasitas total 130 kiloliter," papar dia.

 

Di samping itu, terdapat kantor pengelola dan fasilitas pendukung seperti Musala, toilet, cafe indoor dan outdoor, mini market, ATM center, Gerai oli dan LPG, nitrogen, serta tempat parkir motor dan mobil.

Sedangkan untuk Produk BBM yang disalurkan kata Kriswanto meliputi, Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Dex, Pertamax Turbo dan Dexlite.

Sementara itu, Wali Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo mengatakan bila pembangunan SPBU ini sebagai bagian dari pengoptimalan lahan yang ada di Pedaringan.

Menurut Wali Kota, SPBU ini rencananya beroperasi penuh pada awal tahun 2020 mendatang, lengkap dengan sarana prasarana, salah satunya, terdapat rest area. Selain itu didukung pula dengan pembangunan convention hall di kawasan tersebut sehingga menjadikan kawasan Pedaringan sebagai Central Business District (CBD).

Baca: Warga Tulungagung Meninggal Mendadak di SPBU Kebakkramat

"Tujuan pembangunan SPBU ini harapannya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat kota Surakarta, meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) kota Surakarta" jelasnya. (adr)

(wd)