Serba serbi

Indonesia Raih Medali Perunggu dalam Kejuaraan Tenis Meja Pelajar Asia 2019 di India

Olahraga

21 Agustus 2019 17:01 WIB

Indonesia berhasil meraih medali perunggu pada nomor ganda putra di Kejuaraan Tenis Meja Pelajar Asia 2019 di India. (Dok. Kemenpora).

Solotrust.com - Prestasi kembali ditorehkan anak bangsa di kejuaraan olahraga internasional. Dilansir dari laman berita Kementerian Pemuda dan Olahrgaa (Kemenpora) (18/8/2019), Tim Tenis Meja Pelajar Indonesia berhasil meraih medali perunggu pada nomor ganda putra di Kejuaraan Tenis Meja Pelajar Asia 2019.

Prestasi itu ditorehkan oleh I Made Galung dan Benjamin Mulia Pratikto. Kejuaraan itu sendiri berlangsung di Sama Indoor Complex Vadodara, Gujarat, India pada Minggu (18/8).



Di babak penyisihan, dua pelajar yang sebelumnya juga berpasangan di ASG 2019 ini berhasil mengalahkan Uni Emirat Arab dengan 3-0 dan Thailand dengan 3-1.

Langkah mereka terhenti setelah dipaksa mengakui keunggulan Hong Kong dengan 3-0 di babak semi final. Sementara itu, Hong Kong akan menghadapi Tiongkok di partai puncak.

Meski demikian, Bambang Siswanto, Head of Delegation (HoD) Tim Tenis Meja Pelajar Indonesia menyambut baik pencapaian prestasi tersebut, mengingat bahwa tim Indonesia berangkat tanpa target, namun mendapat hasil medali perunggu.

"Yang terpenting adalah pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga telah memberikan kesempatan kepada atlet Pelajar (atlet-atlet muda/junior) menimba pengalaman untuk mengikuti kompetisi bertaraf internasional, sehingga tidak ada kesenjangan antara junior dan senior, karena atlet pelajar/junior menjadi cikal bakal pelapis senior yang ada sekarang," ujar Bambang.

Pada kejuaraan kali ini, Tim Tenis Meja Pelajar Indonesia berpartisipasi di tujuh nomor, yakni beregu putra, beregu putri, tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran

Kejuaraan Tenis Meja Pelajar Asia 2019 ini merupakan kejuaraan 4 tahunan yang rutin diadakakan oleh Asian School Sport Federation (ASSF), organisasi olahraga pelajar Asia.

Di Indonesia sendiri, organisasi olahraga pelajar tersebut bernaung di bawah PP. Bapopsi atau Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia. (Lin)

(wd)