Rabu , 18 September 2019

Pramoedya A.Toer Sempat Tolak Hanung Bramantyo

18 Agustus 2019 16:03 WIB


Hanung Bramantyo.

Solotrust.com- Film Bumi Manusia besutan sutradara Hanung Bramantyo yang mengadaptasi novel tertralogi Pulau Buru karya Pramoedya Ananta Toer telah tayang serentak di bioskop seluruh Indonesia mulai tanggal 15 Agustus 2019 kemarin.

Film yang bercerita tentang pemuda pribumi Jawa totok yang bernama Minke (Iqbal Ramadhan) dan jatuh cinta kepada seorang gadis Indo Belanda yang cantik jelita bernama Annelies (Mawar Eva De Jong) anak dari seorang Nyai bernama Nyai Ontosoroh ( Sha Ine Febriyanti ). Namun sayang, percintaan mereka tidak mempunyai restu karena Bapaknya Minke yang seorang Bupati tidak pernah setuju Minke menjalin hubungan dengan keluarga Nyai. Tetapi Minke tetap nekad karena Minke juga kagum dengan perjuangan dan pemikiran dari Nyai Ontosoroh dalam melawan penjajahan kolonial.



Jauh sebelum Hanung menyutradarai film ini, ternyata dia pernah ditolak oleh sang penulisnya Pramoedya Ananta Toer. “iya benar saya pernah ditolak sama Pak Pram, waktu itu saya pernah minta izin untuk memfilmkan salah satu novelnya” ujar Hanung  beberapa waktu lalu. “Saya dulu bilang ‘ Bung Pram, saya mahasiswa IKJ jurusan film, saya mau memfilmkan Nyai Ontosoroh’. Pak lalu bilang dengan tegas ‘ sory banget ya, novel ini sudah ditawar Oliver Stone 60.000 dollar tidak saya kasih’ begitu jawabannya” beber Hanung. Mendengar jawaban  seperti itu Hanung yang kala itu masih duduk di semester III IKJ dan datang dengan mengendarai motor bututnya akhirnya langsung kecewa dan lemas

Hanung pun kemudian melanjutkan ceritanya bahwa setelah itu almarhum Pramoedya meminta maaf karena dia tidak bermaksud matrealistis tap almarhum Pramoedya kala itu hidup dari novel untuk membiayai hidup anak dan isterinya. Almarhum Pramoedya menyikapi menulis novel sebagai pekerjaan bukan sekedar hoby..

Sementara itu menurut Angga Okta Rahma yang merupakan cucu dari almarhum Pramoedya mengatakan maksud dari kakeknya dulu menolak niat Hanung untuk menyutradarai karena Hanung masih kuliah. “ Ya dulu itu intinya, ‘ Ya kamu kan masih kuliah, emang bisa buat film untuk ini? Oliver Stone saja sudah saya tolak’ dia bilang begitu” cerita Angga. Oliver Stone sendiri adalah sutradara dari Amerika yang telah menyutradarai berbagai film dan pernah menyabet piala Oscar.

Nasib Film Bumi Manusia sendiri sempat terkatung – katung ketika berbagai pihak telah membeli hak paten dan berusaha memfilmkannya. Tercatat ada beberapa nama sutradara yang sempat akan menyutradarai film ini. Sutradara tersebut selain Oliver Stone, Riri Reza, Mira Lesmana, Garin Nugroho dan Anggy Umbara.

Tampaknya jodoh tidak akan kemana, setelah sebelumnya dua kali gagal mau menyutradarai film Bumi Manusia ( sebelumnya bersama Dedi Mizwar yang duduk sebagai produser juga gagal ) akhirnya Hanung Bramantyo berhasil menyutradarai Film Bumi Manusia ini.

“Saya ingin banyak anak – anak milenial ikut mengapresiasi karya – karya dari Pak Pramoedya” ungkapnya. (dd)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com