Jumat , 10 April 2020

Tari Bregada Sekar Sumirat Buka Upacara HUT ke-74 RI di Solo

17 Agustus 2019 09:54 WIB


Tarian Bregada Sekar Sumirat membuka Upacara Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Indonesia, di Stadion Sriwedari, Sabtu (17/8/2019).

SOLO, solotrust.com - Tarian Bregada Sekar Sumirat persembahan Dinas Kebudayaan Kota Surakarta, bersama Sanggar Tari Soeryo Soemirat GPH Herwasto Kusumo Puro Mangkunegaran, mengawali rangkaian upacara Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia di Stadion Sriwedari, Solo, pada Sabtu (17/8/2019).

Baca: PSSI Ajukan Stadion Manahan Jadi Venue World Cup U-20



Mauritius Tamdaru Kusumo selaku Koreografer Tari mengatakan, Tarian Bregada Sekar Sumirat merupakan barisan pasukan yang selalu mengabdi dan berjuang dengan segenap jiwa dan raga untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tari ini dibawakan sebanyak 36 orang penari dengan busana bernuansa merah putih dan mengenakan assesoris pendukung peran seperti Watang, Kipas, dan Gendewo

"Tarian tersebut menggambarkan pasukan yang tak gentar saat dilawan dan garang saat berperang. Mereka bersatu padu, bahu membahu, saiyeg saeka praya, cancut gumregut menjaga ketentraman, mengisi Kemerdekaan untuk mewujudkan harapan dan cita-cita Negara Indonesia Adil, Makmur dan Sejahtera," kata Mauritius kepada solotrustcom.


Upacara Hari Kemerdekaan kali ini dipimpin langsung oleh Wali Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo sebagai inspektur yang diikuti ribuan peserta upacara.

Peserta upacara terdiri dari jajaran Muspida Kota Surakarta, Aparatur Sipil Negara, TNI/Polri, DPRD Kota Surakarta, Organisasi Masyarakat hingga pelajar di Kota Solo. (adr)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com