Hard News

Pawai Pembangunan Minggu Besok, Pemkot Buka Koridor Jensud

Jateng & DIY

16 Agustus 2019 10:20 WIB

Koridor Jensud (dok. Solotrust.com)

SOLO, solotrust.com – Koridor Jendral Sudirman bakal dibuka sementara untuk mengakomodir jalannya Pawai Pembangunan 2019 yang diselenggarakan Minggu (18/8/2019) mendatang. Sekaligus untuk menguji kekuatan batu andesit yang telah terpasang di lajur tengah.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Arif Nurhadi kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (15/8/2019). Ia menyebut pembangunan di lajur tengah tersebut sudah selesai dikerjakan sehingga siap digunakan.



“Koridor Jensud akan dibuka untuk mengakomodir rute peserta pawai, menuju Balai Kota. Bagian tengah sudah selesai dikerjakan, tapi untuk bagian barat dan timur memang belum selesai,” kata dia.

Sementara itu, Kabid Pengembangan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Nunuk Mari Hastuti mengatakan, Pawai Pembangunan 2019 diselenggarakan untuk menyemarakkan Dirgayahu ke-74 Republik Indonesia yang akan melibatkan banyak elemen masyarakat.

“Arak-arakan peserta Pawai Pembangunan akan melintasi Jalan Bhayangkara depan Sriwedari hingga Balai Kota Surakarta, kegiatan dimulai pukul 13.00 WIB,” ujarnya.

Kabid Kesenian Sejarah dan Sastra Dinas Kebudayaan, Mareta Dinar menambahkan, selain Pawai Pembangunan, Pemkot juga menyelenggarakan Opera Adeging Nagari Republik Indonesia dan Solo Gamelan Festival.

“Opera Adeging Nagari Republik Indonesia diselenggarakan Minggu 18 Agustus pukul 20.00 WIB di Balai Kota, gratis untuk masyarakat. Pementasan ini didukung lebih dari 100 seniman tari, musik dan teater di Surakarta. Sedangkan Solo Gamelan Festival pada 23 dan 24 Agustus pukul 19.30 WIB, menampilkan 5 kelompok gamelan dari 5 kecamatan dan 5 komposer gamelan di Benteng Vastenburg," paparnya. (adr)

(wd)