Viral

Viral! Dua Siswi SMA di Palangkaraya Temukan Obat Kanker

Viral

15 Agustus 2019 16:49 WIB

Aysa Aurealya Maharani dan Anggina Rafitri.

PALANGKARAYA, solotrust.com- Dua siswi SMAN 2 Kota Palangkaraya Kalimantan Tengah berhasil menemukan obat untuk penyakit tumor ganas, yakni kanker payudara.

Aysa Aurealya Maharani dan Anggina Rafitri melakukan penelitian terhadap tanaman herbaL tradisional Suku Dayak, yang digunakan untuk penggobatan kanker payudara. Penelitian ini sukses mereka perkenalkan pada dunia International lewat sebuah kompetisi.



Setelah sukses mengikuti lomba Youth Nastional Science Fair 2019 (YNSF) di Universitas Pendidikan Bandung, mereka berdua dikirim sebagai perwakilan dari Indonesia untuk mengikuti World Invention Creativity di Seoul Korea Selatan, pada 25-27 Juli yang lalu dan mendapatkan Gold Medals.

Kedua putri dari Suku Dayak tersebut memperkenalkan Akar Bajakah Tunggal yang berasal dari Kalimantan Tengah, untuk mengobati kanker payudara yang menjadi momok mengerikan bagi para kaum perempuan karena bisa menyebabkan kematian.

Kanker payudara terjadi karena akibat dari pertumbuhan sel-sel di bagian payudara yang tumbuh secara tidak terkendali dan akan membelah, kemudian berkumpul menjadi satu sehingga timbul sebuah benjolan, nantinya akan menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Tentu hasil dari penemuan ini membikin cepat viral di media sosial. Bukan hanya karena berhasil mengharumkan nama baik bangsa Indonesia di kancah international tapi juga karena selama ini penyakit kanker payudara belum ditemukan obat untuk menyembuhkannya.

Banyak warga net yang juga mengapresiasi prestasi dari kedua siswa tersebut.

“Kita patut bangga atas prestasi 2 putri Indonesia dalam karya ilmiah ini.

Namun patut diketahui, utk menjadi obat kanker payudara  perlu dilakukan tahapan  penelitian lanjutan.”  Tulis @anjarisme

“Hebat” ungkap @AdiPrasetya2(dd)

(wd)