Serba serbi

Tim Balap Motor Indonesia Jawara di Ajang Asia Road Racing Championship 2019

Olahraga

15 Agustus 2019 23:53 WIB

Tim balap Indonesia mendominasi kemenangan di kejuaraan balap motor Asia Road Racing Championship (ARRC) 2019 round 5 di kelas Asia Production 250cc (AP250) (Dok. Kementerian Luar Negeri RI).

Solotrust.com - Prestasi kembali ditorehkan anak bangsa di kancah internasional. Kali ini dalam bidang balap motor. Sebagaimana dilansir dari laman Kementerian Luar Negeri RI (13/8/2019), tim balap Indonesia mendominasi kemenangan di kejuaraan balap motor Asia Road Racing Championship (ARRC) 2019 round 5 di kelas Asia Production 250cc (AP250).

Baca: Indonesia Sabet 21 Medali di Kejuaraan Catur Asia Timur



ARRC adalah kejuaraan balap motor terbesar di Asia yang sudah berdiri sejak tahun 1996. Ini merupakan ajang internasional tahunan bergengsi yang terdiri dari 7 ronde dan diselenggarakan di 5 negara yaitu Malaysia, Australia, Jepang, Thailand dan Tiongkok.

Pada ARRC 2019 round 5, Tiongkok menjadi tuan rumah dengan memilih Zhuhai International Circuit sebagai lokasi bertanding dan diikuti oleh pembalap dari Indonesia, Malaysia, Tiongkok, Filipina, Thailand, Vietnam, Australia, Jepang, India, Swiss, Kanada, Spanyol, dan Selandia Baru.

Terdapat 4 kelas yang ditandingkan, yaitu kelas Asia Superbikes 1000cc (ASB1000), SuperSports 600cc (SS600), Asia Production 250cc (AP250) dan Underbone 150cc (UB150).

Indonesia sendiri mengirimkan beberapa tim ke dalam kejuaraan ini, yaitu 1 orang pembalap di kelas ASB1000, 2 orang pembalap dikelas SS600, 8 orang pembalap dikelas AP250 dan 7 orang pembalap dikelas UB150.

Dikelas AP250 Indonesia berhasil mendominasi dengan merebut peringkat pertama hingga kelima. Juara satu direbut oleh pembalap Rafid Topan (Bike Corner SYS KYT Racing Team) yang membawa Honda CBR250 RR bernomor 911.

Prestasi Rafid Topan diikuti pembalap Indonesia lainnya yakni Ahwin Sanjaya, Irfan Ardiansyah dan Lucky Hendriansyah, yang berhasil merebut juara dua, tiga dan empat di bawah asuhan Astra Honda Racing Team. Sementara itu juara ke-lima yakni Andy Muhammad Fadly berada di bawah tim Manual Tech KYT Kawasaki Racing.

Konsul Jenderal RI Guangzhou ikut menyaksikan pertandingan dan pemberian medali kepada juara-juara Indonesia. Lagu Indonesia Raya pun dikumandangkan bersama-sama dengan seluruh tim pembalap Indonesia di kelas AP250.

Dalam rangkaian kunjungan tim pembalap ​​Indonesia di Zhuhai, Tiongkok, Konsul Jenderal RI Guangzhou juga mengundang 14 orang perwakilan dari Tim Balap Indonesia berkunjung ke KJRI Guangzhou (12/8) untuk melakukan dialog terkait pengalaman pertandingan, kekurangan dan kelebihannya dan juga tukar pikiran mengenai apa yang bisa dilakukan lebih baik untuk mendorong bakat dan talenta anak bangsa, khususnya dalam hal pertandingan balap motor. 

Dalam dialognya, Konsul Jenderal RI Guangzhou memberikan ucapan selamat dan apresiasi atas kemenangan tim balap Indonesia di ajang Internasional, dan bagi yang belum berhasil menjadi juara untuk terus bersemangat dan berlatih karena ajang pertandingan seperti ini diadakan setiap tahun sehingga selalu ada kesempatan untuk menjadi lebih baik lagi. (Lin)

(wd)