Hard News

ACT Solo Distribusikan Daging Qurban ke Daerah Rawan Kekeringan

Sosial dan Politik

12 Agustus 2019 20:54 WIB

Penyaluran daging hewan qurban Tim Global Qurban ACT Solo.

SRAGEN, solotrust.com - Aksi Cepat Tanggal (ACT) Solo melalui Tim Global Qurban mendistribusikan daging hewan qurban ke salah satu wilayah di Solo Raya yang mengalami kekeringan, yaitu Dusun Kedu, Kecamatan Jenar, Kabupaten Sragen dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1440 H.

Kepala Cabang ACT, Septi Endrasmoro menerangkan, sebanyak 50 Ekor hewan qurban telah berhasil didistribusikan ke pelosok desa di Kabupaten Sragen pada Minggu (11/8/2019). Daerah yang menjadi pilihan sasaran tim Global Qurban - ACT Solo tersebut merupakan daerah yang minim hewan qurban dan rawan kekeringan.



"Dusun Kedu merupakan daerah yang rawan terjadi kekeringan. Kondisi sosial ekonomi masyarakat di sana pun sangat rendah. Kondisi yang demikian menyebabkan beberapa tahun belakangan ini Dusun Kedu tidak ada hewan qurban yang di sembelih di hari raya Idul Adha," tuturnya melalui siaran pers yang diterima solotrust.com.

Hal ini terjadi juga di Desa Banyuurip yang mempunyai permasalahan ekonomi dan lingkungan yang hampir sama dengan Dusun Kedu. Setiap tahunnya, tidak semua warga mendapatkan daging qurban. Sehingga desa tersebut merupakan desa yang layak menjadi salah satu wilayah distribusi hewan qurban.

Adapun distribusi daging Qurban akan disalurkan pada 49 Kepala Keluarga (KK) atau 179 jiwa di Dusun Betek RT 12 RW 2 Desa Banyuurip. Daging hewan qurban juga akan disalurkan ke 53 KK atau sekitar 190 jiwa di Dusun Talun RT 9 di Desa Sidokerto.

"Dengan adanya Global Qurban - ACT di Solo semoga bisa memberikan dampak kemanfaatan bagi daerah pelosok dan terpencil khususnya di Eks Karesidenan Surakarta yang minim dengan hewan qurban. Global Qurban - ACT hadir berusaha untuk menjangkau sudut-sudut desa yang minim hewan qurban, ACT berusaha untuk menebar kebahagiaan sampai pelosok negeri," pungkasnya. (rum)

(wd)