Selasa , 20 Agustus 2019

Peringati Ulangtahun Chibi Maruko Chan, Digelar Pameran yang Juga Tampilkan Warisan Momoko Sakura

13 Agustus 2019 07:30 WIB


Chibi Maruko Chan dan keluarganya. (Dok. Momoko Sakura/Fuji TV).


Solotrust.com - Sebuah pameran digelar untuk merayakan ulangtahun anime Chibi Maruko Chan yang ke-30. Dilansir dari Comic Natalie via Anime News Network, Senin (12/8/2019), pameran yang dimulai 8 hingga 26 Agustus itu tak hanya menampilkan tentang anime Chibi Maruko Chan, namun juga kreatornya Momoko Sakura yang telah meninggal tahun lalu.



"Saya yakin bahwa Sakura ingin orang-orang dari seluruh Jepang, tidak, dari seluruh dunia untuk datang ke pameran ini. Pameran ini menyajikan semuanya dari anime Chibi Maruko Chan," kata komedian Miyuki Oshima yang merupakan kawan dekat Sakura saat upacara pembukaan pameran.

Pameran ini berisi sekitar 350 karya seni dari anime Chibi Maruko Chan. Ada pula corner yang diberi nama "Memories of Momoko Sakura", yang menampilkan berbagai benda dan gambar yang disimpan oleh mangaka itu di rumahnya. Banyak dari benda-benda itu adalah buatan tangan Sakura sendiri.

Pameran itu berada di lantai 8 toko Matsuya Ginza. Biaya masuknya adalah 1.000 Yen (sekitar Rp134 ribu) untuk dewasa atau 700 Yen jika tiket dibeli sebelumnya dari Tiket Pia.

Seri pertama anime Chibi Maruko Chan tayang dari 1990-1992, dan seri keduanya mulai tayang pada 1995. Episode ke-1000nya tayang 2012 lalu dan anime itu sekarang telah memiliki lebih dari 1.100 episode. OSTnya yakni "Odoru Ponpokorin" diciptakan sendiri oleh Sakura.

Momoko Sakura meninggal dunia pada 15 Agustus 2018 karena penyakit kanker payudara. Lahir pada 8 Mei 1965 di Kota Shizuoka, Jepang, Sakura debut sebagai mangaka profesional ketika masih menempuh pendidikan college pada tahun 1984.

Dia menciptakan manga "Chibi Maruko-Chan" yang terbit di majalah Ribon dari tahun 1986 hingga 1996. Manga tersebut menceritakan kehidupan sehari-hari anak perempuan kelas 3 SD bernama Momoko “Chibi Maruko Chan” Sakura.

Pada tahun 1989, Momoko Sakura berhasil meraih penghargaan Kondansha Manga Award yakni ajang penghargaan tahunan yang diberikan kepada serial manga terbaik. Manga tersebut juga tercatat telah terjual lebih sekitar 32 juta kopi.

Chibi Maruko Chan adalah serial yang menggambarkan kehidupan sederhana sehari-hari dari Momoko ‘Chibi Maruko Chan’ Sakura, seorang anak perempuan berusia 9 tahun kelas 3 SD yang tinggal dengan keluarganya di daerah suburban Jepang pada tahun 1974. Latar dari cerita ini adalah di Shimizu yang sekarang menjadi bagian dari Kota Zhizuoka yang juga tempat kelahiran sang kreator.

Kisah dalam Chibi Maruko Chan didasarkan pada pengalamaan masa kecil Momoko Sakura sendiri. Maruko diceritakan sebagai anak yang memiliki sifat yang bertolak belakang dengan kakaknya yang rajin, pintar dan rapi.

Maruko adalah anak yang malas mengerjakan PR, sering terlambat ke sekolah dan juga tidak suka beres-beres kamar. Maruko bercita-cita menjadi mangaka jika ia besar nanti.

Kendati demikian, kekurangan Maruko ini dibuat sedemikian rupa sehingga membuat penontonnya tertawa. Terdapat pula nilai-nilai baik yang bisa diambil dari kisah Maruko dengan keluarga maupun teman-temannya ini, seperti berbohong adalah perbuatan yang tidak baik.

Dalam kisahnya, Maruko tinggal bersama lima anggota keluarganya yang lain yakni Hiroshi Sakura (ayah Maruko), Sumire Sakura (ibu Maruko), Sakiko Sakura (kakak Sakura), Tomozou Sakura (kakek Sakura), dan Kotake Sakura (nenek Maruko).

Selain itu, Maruko juga memiliki teman-teman yakni Tamae Honami yang merupakan sahabat terbaiknya, Kazuhiko Hanawa yang merupakan anak laki-laki kaya di kelasnya, Sueo Maruo yang merupakan ketua kelas di kelasnya, Shouta Yamada yang selalu tertawa entah pada hal yang baik atau buruk, serta Osamu Nagayama, seorang gadis yang aneh yang selalu melontarkan candaan aneh. (Lin)

()

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com