Sabtu , 7 Desember 2019

Apa yang Harus Dilakukan Jika Terjadi Kebakaran di Dalam Gedung?

28 November 2017 08:51 WIB


Ilustrasi. (dok)

SOLO, solotrust.com – Apa yang harus dilakukan apabila saat berada di dalam gedung tiba-tiba terjadi kebakaran? Pertanyaan ini sering kali muncul manakala terjebak di dalam sebuah gedung yang terbakar. Maka dapat dipastikan suasana di dalam gedung tersebut akan gelap karena asap.

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surakarta, Haryanto saat memberikan sosialisasi penanggulangan kebakaran beberapa waktu lalu mengatakan, saat terjebak di dalam gedung yang terbakar, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menunduk. Hal ini karena asap biasanya ke atas, jadi area di bawah masih terdapat udara yang bersih. Selain itu di gedung-gedung saat ini penunjuk arah evakuasi berada di bawah, jadi tingal mengikuti arah evakuasi tersebut.



“Di bawah itu udara masih bersih, karena asapnya ke atas, jadi kita menunduk lalu mengikuti arah evakuasi.” Tutur Haryanto.

Haryanto menambahkan, kasus-kasus yang sering terjadi, karena panik biasanya korban berlindung di kamar mandi, dengan maksud disitu ada air, sehingga terbebas dari panasnya api, namun mereka lupa bahwa faktor yang paling berbahaya adalah asap. Asap hasil pembakaran tersebut mengandung racun, akhirnya korban tewas karena kehabisan oksigen.

“kami sering evakuasi korban kebakaran biasanya di kamar mandi. Mungkin karena panik, masuk kamar mandi, ternayata disitu mereka malah terperangkap asap, akhirnya kekurangan oksigen. Sebaiknya hindari kamar mandi atau liff.” Pungkas Haryanto.

 

(wid)

(Redaksi Solotrust)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »