Serba serbi

Warga Periksakan Kesehatan di Dalam Gerbong Kereta Api

Olahraga

9 Agustus 2019 09:06 WIB

Rail Clinic.


KARANGANYAR, solotrust.com- PT. Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta kembali menghadirkan Kereta Kesehatan atau yang sering disebut Rail Clinic di Stasiun Kemiri, Kabupaten Karanganyar, Selasa (6/8/2019).



Manager Humas PT KAI (Persero) Daop 6, Eko Budiyanto menjelaskan, kereta yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas kesehatan ini melayani sekitar 400 warga Kelurahan Nangsri dan Kelurahan Kemiri, Kabupaten Karanganyar.

“Kereta Kesehatan sudah siap melayani warga masyarakat sekitar Stasiun Kemiri sejak pagi. Kami sudah membagikan sekitar 400 undangan untuk masyarakat melakukan pemeriksaan dan pengobatan gratis di atas Kereta Kesehatan ini,” tuturnya.

Kegiatan Rail Clinic merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang digelar secara rutin oleh PT KAI. Dengan maksud sebagai salah satu bentuk kepedulian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terhadap masyarakat sekitar lingkungan kerja KAI.

Kegiatan Rail Clinic meliputi pemeriksaan kesehatan, pengobatan gratis, penyuluhan kesehatan gigi untuk anak SD, sosialisasi keselamatan, pemberian bantuan kacamata untuk siswa SD serta pemberian alat olah raga untuk masyarakat.

“PT KAI Daop 6 selain memberikan layanan kesehatan, juga memberikan bantuan 50 buah kaca mata gratis kepada siswa SD. 35 kaca mata diberikan kepada siswa SDN 1 Nangsri, dan 15 kaca mata diberikan kepada siswa SDN 4 Kemiri. Harapan kami bantuan ini dapat membantu anak-anak pada saat belajar,” paparnya.

Adapun pelayanan kesehatan yang disediakan di dalam Rail Clinic Generasi 4 adalah pelayanan kesehatan tingkat pertama. Meliputi pemeriksaan kesehatan umum, kesehatan gigi, cek kehamilan, pemeriksaan laboratorium, serta layanan kefarmasian.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, Rail Clinic Generasi 4 ini terdapat dua kereta layanan kesehatan dan dua kereta lainnya sebagai perpustakaan yang dinamakan Rail Library. (Rum)

(wd)