Senin , 19 Agustus 2019

Gunung Merapi Keluarkan Awan Panas

7 Agustus 2019 11:30 WIB


Puncak Gunung Merapi.


YOGYAKARTA, solotrust.com- Gunung Merapi yang berada di kawasan perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta terpantau Rabu (7/8/2019) pukul 01.17 WIB mengeluarkan awan panas sejauh 1,2 Kilometer kea rah Kali Gendol.  



Kabar ini disampaikan oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPTTKG),Pusat Vulkanalogi dan Mitigasi Bencana Geologi (BVMBG), Badan Geologi Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Awan panas guguran tercatat di seismogram dengan amplitude max 65mm dan durasi kurang lebih 120 detik” kata BPPTKG dalam akun twitternya Rabu dini hari.

Kegiatan atau aktivitas pendakian yang tidak berhubungan dengan kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan mitigasi bencana untuk sementara dihentikan.

Gunung Merapi terpantau aktivitasnya dari CCTV menghembuskan 12 kali lava pijar dengan jarak luncur mencapai 450 – 1000 meter menuju arah Kali Gendol. Hal itu berdasarkan pengamatan pada hari Selasa (6/8/2019) dari pukul 18.00 WIB hingga pukul 06.00  WIB hari keesokannya.

Selain itu BPTTKG juga merekomendasikan untuk mengkosongkan aktivitas di radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi. (dd)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com