Pend & Budaya

Pertama Digelar, Festival Kampung Kreatif Joyoraharjan

Pend & Budaya

30 Juli 2019 11:43 WIB

Kegiatan Kampung Kreatif Kampung Joyoraharjan.

SOLO, solotrust.com - Kampung Joyoraharjan, Kelurahan Purwodiningratan, Kecamatan Jebres Solo mengadakan Festival Kampung Kreatif pada Sabtu (27/7/2019).

Dalam penyelenggaraannya, acara perdana tersebut berkolaborasi dengan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Institut Seni Indonesia Surakarta (ISI Solo).



Dosen Pembimbing Lapangan sekaligus penggagas acara festival, Hendra Himawan menjelaskan, Kampung Joyoraharjan merupakan salah satu dari beberapa kampung kreatif di kota Solo.

"Festival tersebut juga melibatkan beberapa kampung kreatif lain seperti Kampung Hepi Joho, Kampung Kreatif Sangkrah, dan Kampung wisata Baluwarti," tuturnya melalui siaran pers yang diterima solotrust.com, Senin (29/7/2019).

Dalam acara Festival Kampung Kreatif Joyoraharjan disajikan pentas seni musik tradisional berupa kolaborasi musik lesung dan pertunjukan pencak silat Cakra Ati.

Selain itu, digelar pameran karya seni berupa lukisan, foto, mural dan beberapa suvenir khas Joyoraharjan seperti miniatur lesung. Para pengunjung dapat menikmati berbagai macam hidangan secara gratis oleh UMKM di Joyoraharjan.

"Tujuannya kegiatan ini untuk membranding kampung kreatif. Ke depan, Festival Kampung Kreatif ini diharapkan bisa menjadi acara tahunan kampung Joyoraharjan," paparnya.

Sementara itu, salah seorang mahasiswa program studi S1 Karawitan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Solo sekaligus pelatih musik lesung bocah Kampung Joyoraharjan, Yudha Jati Santoso mengungkapkan manfaat dengan berpartisipasi dalam acara itu.

"KKN bukan masalah tentang ilmu yang tinggi terus kita merasa berada di atas masyarakat. Tetapi membagi dan menularkan ilmu ke masyarakat yang heterogen menjadi tantangan tersendiri untuk lebih berkembang," katanya. (Rum)

(wd)