Jumat , 18 Oktober 2019

Jumlah PKM UNS yang Lolos Pimnas Meningkat Dari tahun Lalu

8 Agustus 2019 08:48 WIB


Tim PKM Mahasiswa UNS saat memberikan sosialisasi gerakan Jebres Berkilau kepada PKK Kelurahan Jebres dan RW 23, Minggu (16/6/2019) lalu. (Dok. solotrust.com).

SOLO, solotrust.com – Tahun ini jumlah proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang lolos untuk maju ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) meningkat dari tahun lalu.

Seperti disampaikan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Prof Kuncoro Diharjo kepada wartawan di Kampus UNS, Kentingan, Jebres, Solo, Selasa (6/8/2019).



Baca: MAN 2 Jakarta Sabet Juara 2 Creative Design di International Youth Robot Competitive di Korea Selatan

“Di tahun 2019 ini, PKM yang lolos didanai Kemenristekdikti terdapat 41 proposal dan dinyatakan lolos untuk mengikuti Pimnas sebanyak 10 PKM. Tahun 2018 kemarin yang lolos didanai Kemenristekdikti ada 99 PKM, namun yang lolos Pimnas hanya 4 PKM, ini prestasi baik,” kata Prof Kuncoro.

Dari 10 PKM yang berhasil lolos mengikuti Pimnas, terdiri dari 3 Program Kreativitas Mahasiswa - Karsa Cipta (PKM - KC), 5 PKM Penelitian Eksakta (PKM-PE), 1 PKM Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M) dan 1 PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT). Pimnas ke-32 2019 bakal diselenggarakan di Universitas Udayana Bali pada 27-30 Agustus 2019 mendatang.

“Target kami bisa pulang membawa medali emas serta dapat mengharumkan nama UNS diajang Pimnas ke-32 ini,” terangnya.

Untuk itu, bagian kemahasiswaan UNS terus memaksimalkan sejumlah persiapan supaya tim PKM yang lolos Pimnas ini bisa tampil optimal dihadapan dewan juri.

“Untuk persiapannya yaitu mulai dari persiapan poster kemudian juga presentasi. Untuk presentasi ini, kami juga menerjunkan dosen yang ahli di bidangnya untuk memberikan saran dan masukan. Kemudian kami hadirkan pula reviewer tingkat nasional untuk mengevaluasi tim sebelum tampil dalam Pimnas,” bebernya.

Sementara itu, Dosen Fakultas Pertanian (FP) UNS Eksa Rusdiyana yang juga sebagai pembimbing PKM-M berjudul “Kampung Sampah Program Komersialisasi Sampah Masyarakat di Kampung Sawah Karang, Jebres”, berharap tim yang dibimbingnya bisa mengharumkan nama UNS di Pimnas ini.

Baca: Bungkus KitKat di Jepang Bisa Jadi Origami Burung Bangau

“Semoga 10 Tim PKM yang lolos Pimnas bisa mempersembahkan medali untuk UNS, kampus tercinta kita,” tegas Eksa. (adr)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com