Hard News

Dispendukcapil Sukoharjo Genjot Cetak KTP Elektronik

Jateng & DIY

27 November 2017 16:42 WIB

Ilustrasi. (dok)

SUKOHARJO, solotrust.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sukoharjo terus berupaya mengurai antrean pencetakan KTP Elektronik atau KTP-el secara bertahap. Antrean KTP-el saat ini mencapai 65 ribu pemohon sepanjang tahun 2017. Hal ini mulai berkurang sejalan dengan lancarnya pasokan blanko KTP-el dari pusat. Dalam beberapa waktu terakhir, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mempermudah distribusi blanko, yakni dengan melibatkan pemerintah provinsi (pemprov) menyuplai blanko ke daerah-daerah. Kepala Dispendukcapil Sukoharjo, Sriwati Anita menyebutkan distribusi blangko KTP-el saat in sudah dialokasikan di tiap provinsi.

Menurut Anita, daerah yang kekurangan blanko diminta agar langsung lapor pada pemprov. Nantinya, kebutuhan bisa dipenuhi sesuai dengan permintaan dari tiap daerah. Teknis pengambilan blanko juga berubah, jika sebelumnya daerah mengutus petugas untuk mengambil blanko ke pemerintah pusat, kini blanko akan dikirim via pos oleh pemprov. Selain lebih mudah, proses pengadaan juga lebih cepat. “Setiap blanko menipis bisa langsung lapor dan dikirim oleh provinsi,” kata Anita, Senin (27/11/2017).



Anita mengatakan, pencetakan KTP-el di Sukoharjo saat ini relatif lancar. Dengan kapasitas pencetakan 400 keping KTP per- hari, pemegang surat keterangan dilayani melakukan pencetakan kartu. Dinas mengeluarkan daftar antrean yang masuk pencetakan ke tiap-tiap desa. Sehingga para pemohon tinggal mencari infomasi ke desa setempat sudah masuk daftar cetak atau belum.

“Silahkan dicek di balaidesa masing masing. Daftarnya dari Capil kecamatan diserahkan ke desa,” ujarnya.

 

(arif-Wd)

(Redaksi Solotrust)