Selasa , 20 Agustus 2019

BMKG Akan Pasang Alat Baru di YIA

06 Agustus 2019 16:21 WIB


Yogyakarta International Airport (YIA).


YOGYAKARTA, solotrust.com- Balai Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tahun depan akan memasang tiga perangkat penting guna mendukung pengoperasian Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo. Perangkat penting itu diantaranya Lidar Winshear, Radar Cuaca Doppler, Serta Windpropeler.



Hal itu disampaikan kepala BMKG Wilayah Dua Tangerang Selatan, Hendro Nugroho dikantor PP Kompleks YIA Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saat melakukan kunjungan bersama Komisi V DPR RI di YIA, Senin (5/8/2019).

Berbicara di hadapan Direksi Angkasapura I, Hendro Nugroho menyampaikan bahwa guna mendukung pengoperasian YIA, pihaknya pada tahun depan akan memasang tiga alat pemantau cuaca pendukung, yaitu Lidar Winshear, Radar Cuaca Doppler dan Windpropeler. Ketiga alat ini rencana akan dipasang di landasan 11 dan 29.

Keberadaan alat ini nantinya akan mendukung Automated Weather Observing System (AWOS) Irmavia dalam memberikan informasi kondisi cuaca bandara secara real time, berupa parameter suhu udara, kelembaban udara, tekanan udara, arah dan kecepatan angin, jarak pandang, serta tinggi awan. AWOS Irmavia sendiri merupakan produk BMKG yang sudah terpasang di bandara YIA.

“Tiga peralatan baru.” Ujarnya.

Tidak hanya cuaca dan angin, BMKG juga telah memasang sebanyak 10 Seismograf di sepanjang kawasan selatan maupun kawasan menoreh dan Pati. Khusus untuk wilayah DIY, BMKG juga menambah dua seismograf yang diletakkan di sesar sungai opak. Sesar Sungai Opak sendiri pernah menyebabkan bencana gempa besar di tahun 2006 silam. BMKG juga sudah memasang radar tsunami di dua titik, yaitu Bantul dan Purworejo. 

“Ada radar tsunami, kerjasama dengan pihak Jepang, itu di pasang di Bantul dan Purworejo.” Jelasnya.

Sebagai upaya pencegahan lebih lanjut, Hendro juga menyampaikan permintaan berupa pembangunan stasiun pengamatan cuaca di kawasan bandara, seperti yang ada di Cengkareng. Menurut Hendro selama ini pengamatan cuaca di YIA banyak dikendalikan oleh stasiun pengamatan yang berada di kawasan Mlati, Sleman di luar kawasan bandara. (adam)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com