Sabtu , 19 Oktober 2019

Mahasiswa UNS PPL ke Thailand, Usung Misi Tingkatkan Daya Saing Lulusan di Kancah Global

5 Agustus 2019 06:10 WIB


Mahasiswa UNS yang PPL Internasional ke Thailand. (dok. istimewa).

SOLO, solotrust.com – Sebanyak delapan mahasiswa berkesempatan mengikuti Program Pengalaman Lapangan (PPL) Internasional ke Thailand. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan daya saing lulusan UNS di level global.

"Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret (FKIP UNS) Surakarta terus berupaya melanjutkan program percepatan Internasionalisasi Fakultas. Program yang dikelola oleh tim Internasionalisasi FKIP UNS ini selaras dengan upaya UNS menuju World Class University (WCU)," ujar Dekan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Dr Mardiyana kepada solotrustcom, Minggu (4/8/2019)



Mardiyana menjelaskan, PPL adalah praktik mengajar bagi calon guru, melalui koordinasi dengan Sekretariat SEAMEO (South East Asian Minister of Education Organisation), diselenggarakan sebuah kegiatan yang dinamakan “Pre-Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia (SEA-Teacher Project)” dan Kerjasama U to U antara UNS dan Thepsatri Rajabhat University, Thailand.

Mahasiswa PPL mengemban misi menunjukkan prestasi yang baik untuk membawa nama baik UNS di kancah internasional. Dan mahasiswa tersebut tidak perlu mengikuti magang III di tanah air, sebagaimana yang rutin dilaksanakan oleh FKIP UNS, sebab kegiatan PPL Internasional memiliki sistem kredit dan penilaian yang setara dengan PPL Lokal.

“Secara resmi melepas 8 Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan (PPL) Internasional ke Thailand, Kamis 1 Agustus kemarin,” katanya

Mahasiswa yang berhasil menjadi partisipan PPL Internasional tersebar di beberapa kampus di Thailand, meliputi, Novia Tegar Putri mahasiswi Pendidikan Fisika di Valaya Alangkorn Rajabhat University, Indit Vaiqoh Pendidikan IPA di Valaya Alangkorn Rajabhat University, Anastasya Kurnia Dewi PGSD di Chiang Mai Rajabhat University (CMRU), Thailand dan Sandi Naftali Pendidikan Bahasa Inggris di Thepsatri Rajabhat University.

Kemudian, Nur Baiti Salma mahasiswi Pendidikan Matematika di Thepsatri Rajabhat University, Naili Afwillah Pendidikan Kimia di Thepsatri Rajabhat University, Fika Noorhikmah Pendidikan Ekonomi di Thepsatri Rajabhat University serta Tila Rahmasari PAUD di Thepsatri Rajabhat University.

Sementara itu, Koordinator Pertukaran Mahasiswa, Nurma Yunita Indriyanti mengatakan, FKIP UNS telah aktif berpartisipasi dalam pertukaran mahasiswa ini. Bahkan, sejak tahun 2016, total mahasiswa yang telah mengikuti program ini sebanyak 90 mahasiswa FKIP UNS.

“Kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan pedagodik dan keterampilan mengajar bagi mahasiswa calon guru sekaligus mendorong penguasaan bahasa Inggris dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa calon guru untuk mendapatkan pengalaman di lingkungan global,” jelas dia. (adr)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com