Hard News

Pembangunan Kreteg Abang Memasuki Tahap Kedua, capai 70 Persen

Jateng & DIY

01 Agustus 2019 17:03 WIB

Sejumlah pekerja mengerjakan lanjutan pembangunan Kreteg Abang, Bibis, Nusukan, Banjarsari, Solo, Kamis (1/8/2019).

SOLO, solotrust.com – Progress pengerjaan tahap kedua proyek pembangunan ulang Kreteg Abang yang menghubungkan wilayah Bibis Wetan dengan Bibis Kulon, Nusukan, Banjarsari, sudah mencapai 70 persen. Hal itu diungkapkan Kepala Seksi Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Surakarta Joko Supriyanto.

Baca: Kreteg Abang Tidak Memungkinkan Dibangun Jembatan Penyeberangan Darurat



“Sudah 70 persen. Pengerjaan pengecoran struktur plat lantai sudah diselesaikan," kata Joko kepada solotrustcom, Kamis (1/8/2019)

Joko menuturkan, setelah tahap pengecoran selesai, selanjutnya masuk pelaksanaan pengerjaan berikutnya. Fokus dalam proyek tahap kedua ini seperti pengerjaan intersection sekitar jembatan, pembangunan saluran air di tepi jembatan serta perencanaan pengaspalan jalan. Sedangkan tahap pertama mulai dikerjakan tahun lalu meliputi perobohan jembatan serta pembangunan struktur, seperti pondasi (konstruksi bagian bawah) dan abutment. Adapun dalam pengerjaan tahap 2 ini, Pemkot Surakarta menggelontrkan anggaran sebesar Rp 5 miliar.

"Fokus sekarang pembuatan saluran drainase, sama penjadwalan pengaspalan jalan," ucap dia.

Joko menambahkan pihaknya juga tengah melakukan persiapan untuk pembuatan leaning pengaman jembatan.

“Nantinya pembuatan leaning menggunakan dekorasi motif batik untuk mengangkat kearifan lokal. Jika tidak ada kendala, pengerjaan jembatan abang dapat selesai pada akhir bulan September tahun ini,” katanya.

Baca: Dibangun Ulang, Kreteg Abang Tetap Gunakan Pilar Penyangga

Untuk diketahui, Kreteg Abang kembali dibangun Pemkot lantaran diketahui mengalami keretakan pertengahan 2017 kondisi pilar terus bergeser dan amblas. Maka dari itu Pemkot mengambil langkah umtuk membangun ulang jembatan yang dikenal dengan kreteg abang itu. (adr)

(wd)