Ekonomi & Bisnis

Sebulan Trial, Okupansi Facade Hotel TW Capai 81%

Ekonomi & Bisnis

29 Juli 2019 16:20 WIB

Facade Hotel Tawang Mangu Karanganyar

KARANGANYAR, solotrust.com- Melihat peluang bisnis di sektor pariwisata yang menjanjikan, operator hotel Azana membuka Facade Hotel & Resto Tawangmangu. Dibangun di lokasi strategis di Jl. Balaikambang no. 8 Tawangmangu, tepat di depan pintu gerbang taman rekreasi Balaikambang, Tawangmangu, Karanganyar.

"Pemilihan lokasi sangat prime di tempat wisata. Jalan kaki 1 menit sampai di New Balekambang, ke arah Sekipan hanya 5-6 menit, ke Grojogan Sewu hanya 15 menit. Memang lokasinya sangat prime, dan kita optimis full," tutur Lisa Halim, Corp. Sales Marketing & Customer Relation Manager Azana Hotel & Resorts.



Soft opening hotel bintang tiga tersebut sudah dilakukan pada hari Minggu, 28 Juli 2019. Hotel berbentuk building (bangunan) 5 lantai bukan resort seperti yang lain. Jumlah kamar sebanyak 29 unit terdiri dari tipe deluxe, executive, family room dan suite room. Luasan kamar sudah standar yaitu 18 m2 untuk tipe kamar deluxe.

Ia menjelaskan, meski pembukaan trial baru dilakukan pada tanggal 10 Juli 2019 namun secara okupansi sudah mencapai di angka 81 persen. Terlebih selama periode pembukaan hotel ini, ditawarkan harga promo Rp 270 ribu sudah termasuk sarapan. Promo berlaku sampai akhir bulan Agustus 2019 untuk semua tipe.

"Belum ada 1 bulan tapi okupansi kami sudah sangat tinggi. Ini memang menjadi salah satu tujuan Azana untuk memanage unit-unitnya meraih okupansi lebih dari 90 persen," terangnya.

Selain kamar, hotel juga dilengkapi meeting room berkapasitas 100 pax, restoran dan kafe serta akses internet berkecepatan tinggi. Pihaknya juga sudah menyiapkan tools paket yang lain untuk mengakomodir kebutuhan tamu, misal private wedding, arisan, hingga ultah.

Mengingat terdapat banyak penginapan di sekitar daerah wisata tersebut, pihaknya mengaku tetap optimis okupansi hotel penuh. Strateginya menyasar Online Travel Agent (OTA) seperti Traveloka atau booking.com, government, dan keluarga.

"Optimis 50 persen okupansi dari OTA, yang lainnya walk in dan pemerintahan. Tidak hanya terkungkung di Karanganyar karena beberapa kota/kabupaten di Jawa Timur banyak yang ke arah Tawang Mangu. Kita percaya diri dan pasti penuh," ungkapnya.

Strategi pemasaran lain, melalui aplikasi milik Azana sendiri yaitu azana.id. Tamu-tamu tinggal mendownload aplikasi di appstore dan akan muncul semua unit hotel yang dikelola di Indonesia. Adanya aplikasi Azana sendiri ini juga memberikan kemudahan bagi para tamu. Selain aplikasi, reservasi juga bisa dilakukan di website Azana.

"Kami juga akan menyiapkan paket yang bekerjasama dengan tempat wisata sekitar, seperti New Balekambang dan Sekipan untuk paket outbond. Semoga bulan depan sudah launching," imbuhnya.

Rencananya, Grand Opening Facade Hotel akan dilakukan pada pertengahan bulan Agustus mendatang. (Rum)

(wd)