Selasa , 20 Agustus 2019

Terinspirasi Hanamichi Sakuragi dalam Manga SLAM DUNK, Relawan Toyota Ciptakan Robot Inspiratif

22 Juli 2019 18:04 WIB


CUE3, robot AI yang pecahkan rekor di Guinness dengan 2.020 tembakan (Dok. Guinness World Records)

Solotrust.com - CUE3, robot AI (Artificial Intelligence) yang mampu bermain bola basket berhasil memecahkan rekor di Guinness World Records. Robot yang dikembangkan oleh relawan Toyota dan anggota resmi tim bola basket profesional Alvark Tokyo ini menjadi robot humanoid yang paling banyak secara berturut-turut melakukan lemparan bebas, yakni sebanyak 2.020 tembakan.

Baca juga: NASA Akhiri Misi Robot Opportunity di Mars



Dikabarkan dari laman resmi Guinness baru-baru ini, relawan Toyota terinspirasi mengembangkan robot AI ini dari sebuah adegan dari serial manga "SLAM DUNK" oleh Takehiko Inoue. Dalam manga, karakter utamanya Hanamichi Sakuragi meningkatkan tembakan basketnya dengan berlatih menembak hingga 20.000 kali.

Keberhasilan robot ini mencapai lebih dari 2.000 kali tembakan berharap bisa menginspirasi orang-orang di seluruh dunia untuk mendorong diri mereka dan mencoba meraih rekor.

Robot ini memiliki motor kecil di setiap sumbu dan mendeteksi posisi sasaran menggunakan kamera dan radar yang terpasang di dadanya. Menggunakan pembacaan yang diambil dari kamera, CUE3 menggerakkan motor berdasarkan pembelajaran AI.

Keterampilan menembak CUE3 ini diuji pada Mei 2019, dimana diperlukan 2.020 tembakan untuk bisa sukses. Satu tembakan yang terlewatkan saja akan mengakhiri tantangan. Selama tantangan, relawan Toyota meletakkan bola di tangan CUE3 dan melakukan aksi penembakan dari meja kontrol.

Tujuh jam setelah tantangan, CUE3 berhasil mencapai angka 2.020 untuk meraih rekor. Pemimpin proyek tim ini yakni Tomohiro Nomi mengatakan bahwa dunia sedang berubah ke lingkungan dimana tantangan-tantangan tengah didorong. "Saya senang bahwa upaya CUE3 akan menginspirasi orang lain", katanya.

Dikutip dari laman www.toyota-global.com, relawan Toyota (Toyota Volunteers) adalah karyawan Toyota (termasuk anggota keluarga dan pensiunan) yang ingin melakukan kegiatan sukarela. Mereka melakukan kegiatan yang menangani berbagai masalah di sekitar masyarakat dalam tiga bidang utama yakni lingkungan, bantuan bencana dan kesejahteraan.

Sementara itu, SLAM DUNK sendiri adalah serial manga Jepang yang mengisahkan tentang sebuah tim basket dari SMA Shohoku di wilayah Shonan yang ditulis dan diilustrasikan oleh Takehiko Inoue.

Hanamichi Sakuragi adalah karakter utama dari manga tersebut. Ia dikenal selalu berlatih basket lebih keras daripada kawan-kawannya karena awam dalam olahraga itu.  Salah satu bentuk latihannya adalah menembak hingga 20.000 kali untuk menutupi kelemahan akurasi tembakannya.

Manga ini dimuat dalam majalah Weekly Shōnen Jump sejak tahun 1990 hingga 1996 dan dibundel menjadi 31 volume oleh Shueisha. SLAM DUNK telah terjual sebanyak lebih dari 121 juta kopi, yang membuatnya menjadi salah satu seri manga terlaris dalam sejarah. Takehiko Inoue bahkan menerima penghargaan khusus dari Asosiasi Bola Basket Jepang karena turut membantu mempopulerkan olahraga basket di Jepang.

Baca juga: Wali Kota Turut Laksanakan Tradisi Tebar Mina 2019 Kelurahan Pucangsawit

Manga ini telah diadaptasi menjadi sebuah serial anime yang diproduksi oleh Toei Animation dan telah disiarkan di seluruh dunia. Anime ini mendapatkan popularitas tinggi khususnya di Jepang dan beberapa negara Asia lainnya termasuk Korea Selatan dan Indonesia. (Lin)

()

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com