Ekonomi & Bisnis

Tol Berdampak Positif pada Okupansi dan F&B Hotel

Ekonomi & Bisnis

19 Juli 2019 02:08 WIB

Ilustrasi.


SOLO, solotrust.com- Adanya jalan tol dinilai menimbulkan dampak positif pada perhotelan di kota Solo salah satunya Novotel dan Ibis Styles Hotel Solo. Selain okupansi atau tingkat hunian kamar meningkat, penjualan Food & Beverage juga mengalami kenaikan.



Baca juga: 4 Exit Tol Untungkan Pariwisata Solo Raya

Marketing Communication Manager Novotel dan Ibis Styles Hotel Solo, Tiwik Widowati mengatakan, sebagian besar tamu khususnya tamu dari negara lain yang datang ke hotel memang untuk kepentingan bisnis sedangkan untuk keperluan traveling meski ada tapi jumlahnya lebih sedikit.

"Yang bisnis kebanyakan long stay. Kalau yang traveling itu sekarang malah lebih banyak transit untuk lunch. Seminggu sekali ada turis dari Yogyakarta yang akan visit ke Jawa Timur transit dulu di sini untuk makan siang," paparnya pada solotrust.com.

Menurutnya, tren tamu hotel yang transit untuk makan siang tanpa menginap tersebut tidak lepas dari adanya akses jalan tol yang sudah beroperasi di sekitar Solo. Apalagi kota Solo dikelilingi empat titik exit tol yang mempermudah akses masuk maupun keluar kota.

"Karena impactnya akses jalan lebih cepat, jadi yang stay tidak sebanyak dulu. Paling lunch saja lalu ke Malang atau Surabaya," imbuhnya.

Selain tamu asing, tamu domestik juga tidak sedikit yang menghabiskan akhir pekan menginap di hotel yang terletak di Jalan Slamet Riyadi tersebut. Peningkatan tren ini terasa sejak ada jalan tol yang memungkinkan tamu-tamu dari Jawa Timur lebih cepat menjangkau kota Solo. (rum)

(wd)