Kamis , 17 Oktober 2019

KKN di Malaysia, Mahasiswa IAIN Surakarta Didik Anak TKI di Beberapa Community Learning Center

13 Juli 2019 11:20 WIB


16 mahasiswa IAIN Surakarta melaksanakan KKN di Sabah, Malaysia. (Sumber: KJRI Kota Kinabalu).

Solotrust.com- Sebanyak 16 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta tengah  melaksanakan KKN di Sabah, Malaysia. Dilansir dari laman Kementerian Luar Negeri, Jumat (12/7/209), selama tiga minggu mereka akan melaksanakan kegiatan di beberapa Community Learning Center (CLC) di Sabah, Malaysia.

Berlangsung dari 9 Juli hingga 29 Juli 2019, para mahasiswa itu akan melaksanakan kegiatannya di CLC Cerdas di Penampang, CLC Ladang Lumadan, SLDB CLC Ladang Cepat, CLC di Ladang Sawit Tunas Harapan Bangsa Kimanis, CLC di Ladang Sawit Kinabalu Kimanis, dan CLC di Ladang Sawit Kinabalu Mawao.



CLC merupakan sekolah atau Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang didirikan untuk memberikan layanan pendidikan bagi anak-anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Di seluruh wilayah Sabah saat ini telah beroperasi 229 sekolah dengan jumlah murid sekitar 14.000 siswa.

Melalui sambutannya, Konsul Jenderal Pelaksana Fungsi Pensosbud, Cahyono Rustam memberikan pesan kepada para mahasiswa untuk selalu menjaga nama baik Indonesia di Sabah dan selalu berhati-hati di negeri orang.

Selain itu, mahasiswa juga diingatkan bahwa selama melaksanakan program KKN dapat melihat situasi dan kondisi di masing-masing tempat serta senantiasa berkoordinasi dengan guru pendamping.

KKN Internasional IAIN Surakarta ini merupakan KKN angkatan ke-4 yang dilaksanakan di Sabah, Malaysia. Peserta KKN juga mempunyai keahlian bidang seni kreasi yaitu memanfaatkan limbah sampah dari gabus/styrofoam untuk pembuatan kapal modelling kepada anak-anak Indonesia di sana.

Dengan adanya tim KKN Internasional IAIN Surakarta ini diharapkan dapat membantu mencerdaskan anak-anak Indonesia di Sabah, Malaysia. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com