Ekonomi & Bisnis

Edukasi Investasi Saham, BEI Sasar Driver Ojek Online

Ekonomi & Bisnis

14 Juli 2019 06:00 WIB

Edukasi pasar modal ke driver ojol.

BOYOLALI, solotrust.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) Kantor Perwakilan Solo gencar melaksanakan upaya peningkatan literasi pasar modal dengan menyasar semua kalangan. Kali ini, edukasi terkait pasar modal ditujukan pada para driver ojek online Gojek yaitu dengan memberikan pembelajaran soal investasi saham.

Kepala Kantor BEI Solo, M. Wira Adibrata menjelaskan, suasana sangat interaktif dan banyak pertanyaan karena bagi para driver soal investasi saham ini adalah hal baru. 



“Kita melakukan edukasi tidak pandang profesi. Semua masyarakat memiliki hak yang sama untuk bisa mengenal invetasi dan memanfaatkan pasar modal untuk sarana mengelola keuangannya,” tuturnya.

Sekitar 22 orang driver Gojek Boyolali menyempatkan waktu untuk mengikuti acara yang diadakan di Fakultas Ekonomi Universitas Boyolali, Kamis (11/7/2019). Salah seorang driver Gojek Boyolali mengaku belum paham sama sekali tentang pasar modal.

“Ya hanya mendengar saja saham saham begitu, tapi tidak tahu maksudnya apa. Pas ada informasi ini saya langsung mendaftar. Ternyata investasi saham tidak perlu uang besar,” ujarnya.

Koordinator Gojek Boyolali Rahadian Hayu menyambut baik edukasi pasar modal kepada para driver. Ia berharap dengan adanya kegiatan semacam ini, para anggotanya dapat mengelola pendapatannya dengan bijak. "Meski profesi kita driver, tetap memerlukan manajemen keuangan dan waktu. Jadi kami ingin bisa bagaimana mengelola keduanya. Dengan belajar investasi para driver mulai terbuka bagaimana menyisihkan pendapatan untuk persiapan ke depan nanti,” katanya.

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Boyolali, Dasmadi, mendukung kegiatan ini dengan menyediakan fasilitas ruangan di Fakultas Ekonomi. Menurutnya, kegiatan ini sangat positif sebab masih banyak masyarakat yang belum memahami investasi dengan benar.

"Ini juga wujud kami membuka kerjasama kepada semua stake holders untuk bekerjasama mensosialisasikan ilmu yang dibutuhkan oleh mayarakat luas,” paparnya.

Dalam edukasi kali ini, BEI KP Solo menggandeng Philip Sekuritas Solo. Philip Sekuritas memberikan kemudahan kepada para driver Gojek untuk membuka rekening saham secara gratis. Mereka akan dibekali ilmu berkelanjutan sampai para driver benar-benar bisa menjalankan aktivitas transaksi secara mandiri. (rum)

(wd)