Pend & Budaya

AK Tekstil Solo Bangun Dormitory kapasitas 400 Orang, Mahasiswa Dapat Berbagai Fasilitas

Pend & Budaya

12 Juli 2019 13:32 WIB

Suasana prosesi peletakan batu pertama pembangunan Gedung Pendidikan dan Dormitory AK Tekstil Solo, Jalan Ki Hajar Dewantara, Jebres. Surakarta, Kamis (11/7/2019).


SOLO, solotrust.com – Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil (AK Tekstil) Solo memulai pembangunan gedung pendidikan dan dormitory untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa ke depannya. Ditargetkan tahun 2020 gedung selesai dibangun sudah bisa dimanfaatkan.



Baca juga: Tingkatkan SDM, AK Tekstil Gandeng API Gelar Diklat 3 in 1 Operator Mesin Industri

Pembangunan ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Kementerian Perindustrian Eko S.A Cahyanto di lokasi pembangunan, Kamis (11/7/2019).

Seperti disampaikan Direktur AK Tekstil Solo, Abdillah Benteng saat ditemui solotrust usai prosesi peletakan batu pertama.

“Untuk Gedung Pendidikan berlantai empat penambahan 1.000 meter persegi, Dormitory berlantai empat juga luasnya 5.200 meter persegi, kapasitas Dormitory 400 orang, untuk tahun ini anggarannya Rp 19,5 Miliar dan lanjutan tahun 2020 diperkirakan menelan biaya Rp 25 Miliar,” kata Abdillah

Ke depan, dengan menerapkan konsep dormitory program 2 tahunan Diploma 2 waktu studi selama 4 semester diharapkan dapat menelurkan sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten sesuai kebutuhan perusahaan industri

“Disamping mendapatkan pelatihan, juga mendapatkan fasilitas pemondokan dari kementerian perindustrian, jadi enak untuk belajar dan melatih keterampilan dan sikap perilaku yang disiplin. Kami ada 3 program studi, teknik pembuatan benang, teknik pembuatan kain, dan teknik pembuatan garment,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Kementerian Perindustrian Eko S.A Cahyanto mengatakan sudah seharusnya AK Tekstil Solo dilengkapi dengan pusat pelatihan dan dormitory karena hal itu bisa meningkatkan kompetensi lulusan.

Baca juga: Perawatan Kecantikan Lengkap di Beautylogica Clinic Solo

“Saat ini masih terbatas, perlu ada tambahan ruang teaching factory dan dormitory. Jadi mereka bisa langsung tinggal di sini, sehingga ketika mendidik pengetahuan mereka, kita harus juga mendidik kedisiplinan mereka. Yang kita bangun kompetensi adalah pengetahuan, keterampilan dan sikap perilaku,” kata Eko. (adr)

(wd)