Pend & Budaya

Politeknik Indonusa Surakarta Melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat di Sragen

Pend & Budaya

11 Juli 2019 09:03 WIB

Kegiatan PkM Politeknik Indonusa di salah satu perajin mebel di Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen.

SRAGEN, solotrust.com- Dalam rangka melaksanakan Tri dharma Perguruan Tinggi, Dosen Politeknik  Indonusa Surakarta mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Tema yang diusung saat ini adalah pelatihan manajemen marketing era digital bagi perajin mebel di Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah untuk meningkatkan penjualan.

Baca juga: Kreatif, Mahasiswa ISI Surakarta Gelar Pasaraya Boardgame



Kali ini mitra yang dipilih adalah Yudhi Mebel. Kegiatan PkM ini melibatkan mahasiswa Politeknik Indonusa Surakarta program studi D3. Manajemen Informatika. Ketua pelaksana PkM, Edy Susena menyampakan, kegiatan PkM ini merupakan Program Kemitraan Masyarakat yang dicanangkan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Ditjen Penguatan Risbang Kemenristekdikti tahun 2019. Tujuan dari PKM ini adalah mengenalkan teknologi informasi kepada masyarakat untuk membantu pelaku bisnis di desa agar dapat berkembang dengan sentuhan teknologi informasi dan komunikasi.

Menurut Edy untuk menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 ini memang perlu kolaborasi antara Pendidikan Tinggi dengan pelaku bisnis, khususnya yang berada di pedesaan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan penjualan.

“Sudah kewajiban saya dan teman – teman mahasiswa terjun ke masyarakat untuk membantu menyelesaikan masalah ini.” kata Edy.

Baca juga: Wihhh... Peternak di Wonogiri Pamerkan Sapi Jumbo Seberat 1 Ton

Kegiatan PkM ini dilaksanakan selama 1 (satu) bulan ke depan, dimulai pada tanggal 9 Juli kemarin sebagai acara pembukaan. Agenda kegiatan PkM selama 1 bulan  ke depan antara lain, pelatihan pengelolaan website promosi, pelatihan penggunaan sistem keuangan dan pelatihan desain mebel dengan komputer. Dengan kegiatan PkM tersebut menurut Edy agar Yudhi Mebel dapat mengembangkan area penjualannya tidak hanya lokal Sragen saja, akan tetapi penjualannya dapat merambah di tingkat nasional bahkan internasional.

(wd)