Sabtu , 20 Juli 2019

Wihhh... Peternak di Wonogiri Pamerkan Sapi Jumbo Seberat 1 Ton

11 Juli 2019 02:05 WIB


Sapi jumbo milik peternak milenial di Wonogiri yang berharga puluhan juta rupiah.


WONOGIRI, solotrust.com- Peternak sapi muda yang juga kerap disapa peternak milineal wonogiri mulai memamerkan sapi-sapi berukuran jumbo alias premium dengan kisaran harga Rp 50 juta hingga Rp 80 juta.  



Baca juga: Peringati Syawalan, Warga Lereng Gunung Merapi Ngarak Sapi Keliling Kampung

Para  peternak yang sudah berpandangan maju tentang cara  beternak modern  ini tengah mengenjot produktivitas daging sapi jumbo miliknya jelang hari raya kurban.

Saat ini teknologi pakan sudah kian maju, dengan asupan pakan complete feed atau dengan pakan konsentrat dapat dipadukan dengan pakan  tambahan, berupa serat hijauan yang hanya berfungsi sebagai pelengkap.  

Seperti peternak asal Desa Waleng, Girimarto Kristo Aji dan Sutikno. Pemilik puluhan ekor sapi jumbo dengan bobot berkisar 700 kg hingga 1 ton lebih ini siap meramaikan pasar hari raya kurban 2019.  

Bobot sapi dengan kisaran 1 ton bakal mereka lepas dipasar dengan harga Rp 80 jutaan, jauh di atas harga harian pasar. Terdapat berbagai jenis sapi jumbo yang dimiliki para peternak muda Wonogiri, misalnya sapi jenis simental, limosin dan bahkan sapi hiasan atau sering disapa sapi brahman atau brenggolo. Dengan ciri khas berwarna putih dengan punggung yang menonjol keatas. Untuk sapi jenis ini dijual dengan harga Rp 50 juta.   

“Dengan asupan nutrisi yang tepat dan semakin meningkat dari hari ke hari, dengan sistem pakan kering, pertumbuhan sapi memiliki kualitas daging super dengan minimnya lemak pada tubuh sapi.” Jelas peternak muda Wonogiri Kristo Agung. (noto)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com