Senin , 21 Oktober 2019

Nguyen Anh Khoi “Bocah Ajaib” Asal Vietnam Borong Dua Emas Dalam AJCC Open 2019

9 Juli 2019 13:27 WIB


Nguyen Anh Khoi saat menerima penghargaan di Kampoeng Ikan, Hotel Lorin Solo, Colomadu, Karanganyar, Senin (8/7/2019) malam.


SOLO, solotrust.com- Pecatur muda asal Vietnam International Master (IM) Nguyen Anh Khoi berhasil menjuarai dua nomor yang diikutinya dalam Asian Junior Chess Championship (AJCC) 2019. Pemuda berkacamata yang disebut sebagai bocah ajaib itu menjuarai nomor Rapid Chess dan Standar Chess.



Baca juga: Cantiknya Pacatur Asal Kazakhstan, Sang Jawara Blitz Chess AJCC 2019

Dalam nomor Rapid Chess, Nguyen mengungguli IM Priasmoro Novendra asal Indonesia yang menempati posisi kedua dan IM Raghunandan Kaumandur Srihari dari India. Sedangkan dalam Standar Chess, Nguyen berhasil unggul atas IM Raghunandan Kaumandur Srihari asal India diperingkat kedua dan FIDE Master (FM) Sagita Catur Adi pecatur asal Indonesia diperingkat ketiga.

Tim tuan rumah terpaksa tidak menurunkan juara bertahan, IM Novendra Priasmoro dalam nomor catur standar, sehingga harapan bagi pecatur Indonesia yang ikut bersaing dalam perebutan gelar juara terletak pada generasi penerusnya seperti FM Arif Abdul Hafiz, FM Catur Adi Sagita, FM Daniel Hermawan Tobing, termasuk Candidate Master (CM) Aditya Bagus Arfan.

Selain itu, terdapat satu lagi kejuaraan dengan nomor catur kilat atau Blitz Chess yang berhasil dijuarai oleh IM Quizon Daniel dari Filipina, untuk juara kedua diraih oleh Gholami Orimi Mahdi pecatur muda asal Iran dan FM Nitish Belurkar asal India berada diperingkat ketiga. Para pemenang catur open mendapatkan kalung medali dan sertifikat penghargaan pada malam penutupan ajang catur U-20 level internasional itu di Kampoeng Ikan, Hotel Lorin Solo, Colomadu, Karanganyar, Senin (8/7/2019) malam.

Ketua Bidang (Kabid) Pembinaan dan Prestasi (Binpres) Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi), Kristianus Liem mengatakan, persaingan ketat terjadi dalam tiga nomor catur yang dipertandingkan dalam AJCC 2019.

"Nguyen Anh Khoi memang norma Grand Masternya yang terakhir ratingnya sudah diatas 2500, Anh Koi dapat emas di dua catur standar dan catur cepat, kalau catur kilat juaranya dari Filipina Quizon Daniel, untuk Indonesia mendapatkan satu perak catur cepat oleh Novendra dan satu perunggu catur standar oleh Sagita, persaingan memang sangat ketat," papar Liem kepada solotrustcom di sela kegiatan.

Sebelumnya diberitakan, tahun ini Indonesia terpilih menjadi tuan rumah kejuaraan catur kelas U-20 dalam arena bergengsi Asian Junior Chess Championship (AJCC) 2019. Kota Solo dipilih sebagai tempat penyelenggaraan event yang diikuti 71 pecatur muda putra – putri (sebelumnya diberitakan 64 peserta) dari 11 negara di Asia itu. Kejuaraan ini diselenggarakan di Puri Kencana Ballroom, Hotel Lorin Solo, Colomadu, Karanganyar dan berlangsung mulai Senin (1/7/2019) hingga Senin (8/7/2019). (adr)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »