Sabtu , 20 Juli 2019

Sutopo Dimakamkan Hari Ini, Kepala BNPB Mengenang Sosok Sang Pahlawan Kemanusiaan

08 Juli 2019 09:41 WIB


Jenazah Sutopo Purwo Nugroho tiba di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sasonolayu, Siswodipuran. (dok. istimewa)

BOYOLALI, solotrust.com- Jenazah Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sasonolayu, Siswodipuran, Senin (8/7/2019), yang berjarak sekitar 500 meter dari rumah duka.

Baca juga: Presiden Jokowi Mengenang Satu Kalimat Dari Sutopo



Upacara pemakaman dipimpin langsung oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo, dihadiri para pejabat pemerintahan termasuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan ribuan masyarakat.  

Doni Monardo mengatakan, sosok Sutopo menjadi figur yang pantang penyerah. Dalam keadaannya melawan sakit kanker, ia tetap melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik. Bahkan Sutopo sering memberikan analisa-analisa terhadap peristiwa yang terjadi, dan menentukan langakh terbaik yang harus diambil.   

“Dalam keadaan yang sangat sulit, dalam keadaan yang mengalami sakit masih bisa memberikan pelayanan publik yang terbaik, memberikan informasi. Bahkan memberikan analisa-analisa terkait peristiwa yang terjadi dan langkah-langkah apa yang perlu dilakukan.” Jelas Doni.

Kepala BNPB menambahkan, bahwa pihak BNPB telah berupaya semaksimal mungkin untuk keperluan medis Sutopo semasa masih hidup. “Kita semua sangat kehilangan, keluarga besar BNPB telah berusaha semaksimal mungkin, untuk memberikan pelayanan medis yang terbaik.” Terangnya.

Baca juga: BMKG: Terjadi 19 Aktivitas Gempa Bumi Susulan

Sutopo Purwo Nugroho meninggal pada Minggu 7 Juli 2019 di Guangzhou, Cina, sekitar pukul 02.00 waktu setempat karena kanker paru-paru.

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com