Pend & Budaya

Sepi Pendaftar, SMA Swasta di Sukoharjo Sediakan Doorprice dari Kulkas Hingga Sepeda

Pend & Budaya

05 Juli 2019 14:19 WIB

SMA Veteran Sukoharjo sediakan doorprice untuk siswa yang mendaftar. (solotrust.com/nas)


SUKOHARJO, solotrust.com- Guna menarik  minat pendaftar, SMA Veteran memberikan hadiah  doorprice mulai dari lemari es hingga sepeda. Hal ini dilakukan menyusul sepinya pendaftar di sekolah swasta sebagai dampak dari sistem zonasi yang ditetapkan oleh pemerintah.



Baca juga: Wali Kota Surakarta Desak Gubernur Jateng Terbitkan Diskresi Zonasi PPDB 2019

Meskipun hadiah dan tawaran itu dipasang dalam spanduk dan papan pengumuman di sekolah, namun hingga Jumat (5/7/2019) siang jumlah kuota belum terpenuhi. SMA Veteran PPDB tahun ini mematok target 6 kelas, namun hingga hari ini baru ada 85 pendaftar.  

Kepala SMA Veteran Sugiarto mengatakan, diberlakukan sistem zonasi, jumlah pendaftar di SMA Veteran Sukoharjo menurun dratis. Kondisi ini berbeda dari PPDB tahun sebelumnya dimana sekolah ini selalu dibanjiri pendaftar. Adanya zonasi ini jumlah pendaftar mengami penurunan hingga 40 persen.

“Ini baru mendapatkan daftar ulang itu 85 orang siswa target kami adalah 150 siswa untuk PPDB tahun ini.” Jelas sugiarto.  

Baca juga: Aksi Protes Warga Soal PPDB Mendapat Bantahan Kepsek SMA N 4 Surakarta

Atas kondisi ini Sugiarto meminta agar kebijakan sistem zonasi ini ditinjau ulang pemerintah. Jika hal ini terus dibiarkan tidak hanya masyarakat yang kebingungan dengan sistem zonasi, namun yang paling terdampak adalah sekolah swasta. (nas)

(wd)