Rabu , 23 Oktober 2019

Kelompok Klien Narkoba Ikuti Bimbingan Psikodukasi dan Program Rawat Jalan

4 Juli 2019 21:34 WIB


Klien narkoba mendapat bimbingan di Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Surakarta.

SOLO, solotrust.com - Puluhan klien narkoba kembali mendapat bimbingan di Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Surakarta. Pasien rehabilitasi narkoba tersebut mendapat pengarahan dari IPWL Yayasan Kusuma Bangsa Surakarta melalui sosialisasi pemaparan alur penanganan klien narkoba.

Baca juga: BNN Jateng Kampanye Milenial Sehat Tanpa Narkoba untuk HANI



Di antara pemateri dari IPWL Yayasan Kusuma Bangsa Surakarta yang diwakili oleh Mario Janes, yang dihadiri pula oleh Kepala Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Surakarta, Kompol Edison Panjaitan. Materi tentang sosialisasi penanganan klien narkoba tersebut juga dipaparkan Djoko Hastanto, selaku Pembimbing Kemasyarakatan Pertama Bapas Kelas II  Surakarta.

Disampaikan Kepala Bapas Kelas II Surakarta, Joko Hastanto kepada wartawan di sela Seminar Psikodukasi Rawat Jalan dan Bimbingan Kelompok Klien Narkoba, yang dilaksanakan Kamis (4/7/2019) di Bapas Surakarta, Manahan, Banjarsari.

Terkait pengawasan rawat jalan para mantan pecandu narkoba tersebut, pihaknya kini menggandeng IPWL Yayasan Cahaya Kusuma Bangsa Surakarta, guna menjalani program rawat jalan serta rehabilitasi, dimana yayasan tersebut berapa di bawah Kementerian Sosial.

"Mayoritas dari klien narkoba adalah para mantan pengguna. Sehingga mereka mengikuti program rehabilitasi. Terkait penanganan rawat jalan dan program rehabilitasi para klien narkoba, saat ini kami bekerjasama dengan Yasayan Kusuma Bangsa Surakarta, yang berada dibawah Kementerian Sosial. Akan tetapi kami juga turut serta dalam melakukan pengawasan. Salah satunya kami juga melakukan pengawasan dengan kunjungan ke rumah, setelah mereka habis masa tahanannya" terangnya.

Baca juga: 7 Pengedar dan Pemakai Narkoba Dibekuk Polisi

Dalam kesempatan yang sama, para klien narkoba tersebut juga mengikuti tes urine guna keperluan pemantauan perkembangan kondisi pasien rehabilitasi narkoba. (Kc)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com