Senin , 21 Oktober 2019

PLN Resmikan Kampung Sehat di Trobayan Sragen

4 Juli 2019 04:12 WIB


Bantuan Kampung Sehat PLN.

SRAGEN, solotrust.com - Untuk menyukseskan Program Peningkatan Kesehatan di Masyarakat, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Surakarta melalui PLN Peduli bersama Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta menyerahkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa program Kampung Sehat di Kabupaten Sragen.

Peresmian Program Kampung Sehat bertempat di Balai Desa Dukuh Trobayan, Desa Trobayan, Kabupaten Sragen pada Rabu (3/7/2019) oleh Manager UP3 Solo, Mundhakir. Bantuan secara simbolis diserahkan kepada pihak Fakultas Kedokteran UMS sebagai pelaksana, yang diwakili oleh Sutrisno Dekan Fakultas Kedokteran UMS.



"Bantuan CSR yang diserahkan sebesar Rp. 77.850.000 untuk menciptakan kampung Sehat. Program Kampung Sehat yang bertempat di Dukuh Trobayan dengan kegiatan utama, yaitu jambanisasi. Selain itu, akan dilaksanakan juga edukasi dan pelatihan kesehatan mandiri bagi kader penggerak di Desa Trobayan," tutur Mundhakir, Manager PLN UP3 Solo.

Menurutnya, lingkungan yang bersih, sehat dan berdaya menjadi dambaan setiap warga. Sebenarnya masyarakat semakin sadar bahwa kesehatan lingkungan merupakan faktor yang sangat penting. Lingkungan tidak sehat sebagai pemicu terjadinya penyakit infeksi dan dalam jangka panjang berkontribusi terhadap penyakit degenerative.

Tetapi karena kondisi ekonomi yang terbatas dan minimnya pemahaman kesehatan lingkungan menjadikan masyarakat seolah kurang peduli terhadap kondisi kesehatan lingkungannya. Untuk itulah PLN melalui kegiatan CSRnya menyerahkan bantuan program Kampung Sehat tersebut.

Dalam sambutannya, Mundhakir berharap Program Kampung Sehat memberi manfaat bagi masyarakat dan menjadi motivasi bagi kampung lain untuk lebih peduli pada kesehatan lingkungan. Sebab lingkungan yang bersih, sehat, dan berdaya menjadi harapan semua warga.

Pihaknya juga mengingatkan akan pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) bagi masyarakat dalam memanfaatkan listrik PLN. Terlebih di kawasan Kalijambe pernah terjadi warga yang tersengat listrik.

"Program CSR ini diharapkan mampu meningkatkan derajat kesehatan warga masyarakat di dukuh Trobayan. Program ini kerjasama PLN PEDULI dengan Fakultas Kedokteran UMS," imbuh Sutrisno.

Desa Trobayan merupakan salah satu desa di kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen. Desa tersebut memiliki 9 dukuh dengan jumlah RT sebanyak 15. Jumlah penduduk lebih dari 3000 dari kurang lebih 900 KK. Sumber air bersih cukup tetapi tidak semua KK memiliki jamban keluarga.

Tercatat, ada 5 jamban yang dibangun meliputi 4 jamban pribadi dan 1 jamban untuk umum. Selain itu, dilakukan sosialisasi kesehatan, pelatihan cara menangani masalah kesehatan, cara menggunakan peralatan kesehatan oleh dokter dari Fakultas Kedoteran UMS, seperti cara menggunakan tensi meter digital, termometer dan timbangan digital.

Juga dilakukan pembentukan kader kesehatan yang pesertanya terdiri dari kader Posyandu Dukuh Trobayan. Kader kesehatan akan diberi pelatihan Basic Life Support (BLS). Dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai Bantuan Hidup Dasar (BHD), merupakan usaha yang dilakukan untuk mempertahankan kehidupan pada saat pasien atau korban mengalami keadaan yang mengancam jiwa.

Sekretaris Kecamatan setempat, Suparmin mengucapkan terima kasih atas bantuan CSR yang diberikan PLN dan berbagai penyuluhan yang dilaksanakan FK UMS. Suparmin berharap semoga ke depan ada kesinambungan atas berbagai kegiatan yang sangat bermanfaat tersebut dari pihak-pihak terkait termasuk dari PLN. (Rum)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »