Kamis , 21 November 2019

Kemeriahan Perlombaan Bidang Farmasi Stikes Nasional

2 Juli 2019 17:49 WIB


Para juara lomba farmasi STIKES NASIONAL.


SOLO, solotrust.com- Ilmu pengetahuan sangat berkembang pesat dan meluas seiring dengan kemajuan teknologi dan zaman yang semakin modern. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan akan menunjang kemajuan pola pikir dan keperibadian seseorang. Tidak terkecuali di bidang kesehatan, kemajuan teknologi sangat berpengaruh terhadap dunia kesehatan seiring meluaskan jenis penyakit dan berbagai macam cara pengobatan.  



Farmasi sangat berperan penting dalam dunia kesehatan, selain menjadi ujung tombak untuk pengobatan, farmasi juga mempelajari berbagai jenis penyakit dan bagaimana cara mengenali sampai dengan pengobatanya.

Untuk meningkatkan ilmu pengetahun di bidang farmasi yang semakin luas dan berkembang, Stikes Nasional baru baru ini mengadakan ajang perlombaan yang sangat bergengsi tingkat Jawa Tengah. Lomba ini berujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan di bidang farmasi dan menambah wawasan serta ketramprilan.

Terkait hal tersebut, keluarga Mahasiswa Farmasi menggelar acara dengan tema BICROMAT (Big Competition of Pharmacist Olympiade for Millenial Generation) 2019 yaitu "Healthy Skin Care for Beauty Skin", sesuai dengan range usia dari peserta dan panitia yang termasuk Millenial Generation yang hobinya menggunakan skin care untuk menunjang penampilan.

Pada generasi milenial sekarang ini, farmasi menjadi bidang ilmu yang menarik. Tidak hanya soal obat-obatan, hal lain yang dapat dipelajari dalam ilmu farmasi yaitu tentang kosmetika dan skin care. Sesuai dengan tema yang diangkat OLFARNAS 2019 yaitu "Healthy Skin Care for Beauty Skin".

Pada OLFARNAS 2019 yang telah dilaksanakan pada Sabtu (22/6/2019) di STIKES NASIONAL berjalan dengan sangat meriah. Diikuti oleh SMA dan SMK yang ada di Jawa Tengah. Peserta yang mengikuti antara lain SMA N 7 Surakarta, SMK Muhamadiyah Bligo Pekalongan, SMA Muhamadiyah 4 Sragen, SMK Astra Mitra Purwodado dan masih banyak lagi yang mengikuti acara ini.

OLFARNAS 2019 kali ini dibagi menjadi 3 babak yaitu babak penyisihan dengan metode uji tulis, babak semi final dengan metode study kasus dan babak final dengan metode cerdas cermat. Pada babak penyisihan dengan diikuti semua team yang kemudian diambil 6 team untuk lanjut ke babak final setelah itu lanjut menuju babak final untuk 3 team yang lolos pada babak semi final.

Pada acara OLFARNAS 2019 "BICROMAT" yang diadakan program studi DIII Farmasi Stikes Nasional tidak hanya tentang perlombaan saja, pada acara ini juga dilakukan proses pengenalan kampus dengan semua prodi yang ada terutama prodi DIII Farmasi.

Pada acara ini juga dilakukan kegiatan "Tour the Lab". Tour the lab dilaksanakam dengan tujuan mengenalkan laboraturium-laboraturium yang ada di STIKES NASIONAL, terutama laboratorium yang digunakan untuk praktikum pada prodi DIII Farmasi.

Laboraturium yang dikunjungi antara lain laboraturium Resep, Farmakologi, Mikrobiologi, Kimia, Obat Tradisional dan masih banyak lagi. Antusiasme peserta yang mengikuti acara ini terlihat dari rasa keingintahuan mereka mengenai laboraturium-laboraturium yang ada. Selain mengikuti perlombaan yang berlangsung, peserta juga merasa bertambah pengetahuan dan wawasan pada saat mengikuti acara Tour The Lab. Selain lebih dalam mengetahui tentang farmasi perserta lomba juga merasa lebih mengenal alat-alat yang digunakan dan mekasiame laboratorium di Stikes Nasional. Selain itu kegiatan ini juga sangat menguntungkan bagi mereka yang ke depannya ingin melanjutkan didunia kesehatan terlebih lagi farmasi.

Juara pertama sendiri didaptkan oleh SMA MTA Surakarta dengan hadiah uang tunai sebesar Rp 3 juta, trohpy dan trophy bergilir Walikota Surakarta, juara kedua diraih oleh SMK Muhammadiyah 4 Sragen dengan total hadiah Rp 2 juta dan trophy, yang terakhir yaitu juara ketiga berhasil diraih oleh SMA Widya Wacana dengan total hadiah Rp 1 juta dan trophy.

Saat acara berlangsung banyak peserta dan guru pendamping yang sangat antusias, karena selain memperoleh ilmu yang bermanfaar banyak pula hiburan dan doorprize. (adv)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com