Rabu , 23 Oktober 2019

Penggunaan Tusuk Gigi Amankah?

24 Juni 2019 08:04 WIB


Ilustrasi.

JAKARTA- Setelah makan di restoran atau di rumah, kebanyakan orang langsung mencari tusuk gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menyelip di antara gigi. Jika Anda termasuk orang yang punya kebiasaan ini, sebaiknya Anda berhati-hati. 

Menurut Drg. Dedy Yudha Rismanto, dokter gigi spesialis periodonsia dari rumah sakit Pondok Indah, penggunaan tusuk gigi sebenarnya berbahaya dan sangat tidak dianjurkan. Mengapa?



“Tusuk gigi itu benda yang dibuat untuk digunakan oleh tangan kedua. Jadi Anda tidak boleh menggunakan tusuk gigi untuk membersihkan gigi sendiri, harus orang lain yang melakukannya untuk Anda. Tapi jarang, kan orang yang melakukannya seperti itu?” terang Yudha.

Di samping itu, penggunaan tusuk gigi tidak disarankan karena berbahaya untuk gusi. “Penggunaan tusuk gigi berisiko melukai gusi karena secara tidak sengaja gusi bisa tertusuk,” lanjut Yudha.

Sangat disarankan agar Anda menggunakan dental floss atau benang khusus untuk membersihkan gigi. Selain lebih baik dalam menjangkau sela-sela gigi, dental floss juga minim risiko melukai gusi. #teras.id

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com