Hard News

Menkeu Sri Mulyani Jadi Dosen Penguji Skripsi, Begini Perasaan Dua Mahasiswa FEB UI Usai Sidang

Hard News

22 Juni 2019 10:17 WIB

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati (kemenkeu.go.id)

JAKARTA – Mengurusi keuangan negara tentu sudah menjadi keseharian seorang menteri keuangan, namun bagaimana jika sang menterimenjadi penguji skripsi mahasiswa?

Hal tersebut dipamerkan Menteri Keuangan Sri Mulyani sat menjadi dosen pembimbing skripsi untuk dua mahasiswa jurusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Kegiatan tersebut diunggahnya dalam akun Instagram pribadi, @smindrawati, pada Kamis (20/6/2019) lalu.



Baja juga:

Sri Mulyani Menkeu Terbaik di Asia Pasifik 2018

Berdasarkan keterangan foto yang diunggah, Sri Mulyani mengaku bangga dengan tugasnya sebagai dosen penguji.

“Menjadi pengajar di kampus almamater adalah salah satu kebanggaan tersendiri bagi saya,” ujar Sri Mulyani dalam keterangan fotonya.

Dalam unggahan itu, Sri Mulyani membagikan tujuh video proses ujian skripsi dan tiga foto bersama mahasiswa yang telah kelar dites. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini tampak menguji skripsi di kantornya, Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat. Menurut Sri Mulyani, ujian ini dilaksanakan pada 18 Juni 2019.

Dua mahasiswa yang ia uji masing-masing ialah Khaira Abdillah dengan skripsi berjudul “Investigating the Impact of Internet Expansion on Learning Outcome in Indonesia”. Satu lainnya adalah Putra Prima Raka dengan skripsi berjudul “The Impact of Intermediate Input Import on Indonesia's Manufacturing Export Performance of the Global and Non-global Production Network: Firm-Level Data Analysis”.

Dalam video yang dibagikan, selama menguji skripsi, Sri Mulyani terlihat didampingi oleh dua dosen dari Universitas Indonesia, yakni Teguh Dartanto dan Chaikal Nuryakin. Adapun dalam isi rekaman pendek berdurasi masing-masing satu menit tersebut, Sri Mulyani tampak beberapa kali memberi pertanyaan dan masukan untuk mahasiswa.

Di akhir keterangan video, Sri Mulyani menyatakan kegembiraannya. “Senang sekali bisa menguji secara langsung dua orang mahasiswa FEB UI yang cerdas dan energik ini,” ucapnya. Ia menambahkan harapan untuk kedua mahasiswa supaya dapat mengimplementasikan ilmu untuk kebaikan Indonesia.

Kelar diuji oleh bendahara negara, kedua mahasiswa UI ini pun terlihat memberikan testimoninya. “Rasanya cukup menegangkan, tapi momen ini pengalaman sangat tidak terlupakan,” ucap Khaira, yang terlihat memeluk Sri Mulyani kelar menyelesaikan sidang skripsinya. Setali tiga uang dengan Khaira, Chaikal menyatakan perasaan serupa. “Lumayan lega, mendapatkan banyak masukan dari Bu Sri Mulyani,” ucapnya.

Juru Bicara Kementerian Keuangan Nufransa Wira Sakti mengatakan, ini kali pertama Sri Mulyani menguji skripsi sejak menjabat menteri di Kabinet Indonesia Kerja. Meski demikian, sebelumnya, kala menjadi dosen, Sri Mulyani sudah acap melakukan kegiatan serupa.

“Ini bagian dari kegiatan reguler beliau atau Sri Mulyani sebagai tenaga pengajar atau dosen. Kegiatan lainnya adalah memberikan kuliah, academic writing,” ucap Nufransa dalam pesan pendek kepada Tempo, Jumat, 21 Juni 2019. #teras.id

(wd)