Kamis , 22 Agustus 2019

Disdag Harap APL Layani Ekspor Pedagang Pasar Klewer

23 November 2017 07:53 WIB


Peresmian Kantor PT APL Agen Pasar Klewer. (solotrust.com/arum)

SOLO, solotrust.com - Potensi penjualan barang oleh Pedagang Pasar Klewer ke luar negeri cukup bagus maka perlu agen jasa pengiriman yang mengakomodir kebutuhan tersebut. Untuk itulah Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Solo mendukung kehadiran PT Angkasa Pura Logistik (APL) di pasar tersebut. 
 
"Potensi ekspor ke luar negeri semoga bisa dilayani melalui jalur darat, laut, dan udara, tidak hanya nusantara, saja" ujar Kepala Disdag, Subagiyo, di sela peresmian Kantor PT APL Agen Pasar Klewer, Selasa (22/11).
 
Hal itu didukung dengan jaringan PT APL yang mencapai 15 cabang di seluruh Indonesia. Antara lain di area Bandara Adi Soecipto Yogyakarta dan area Bandara Adi Soemarmo Surakarta. Adanya tambahan cabang yang menyasar segmen pedagang menunjukkan bahwa potensi kota Solo sangat tinggi.
 
Menurutnya, selama ini banyak pedagang terpaksa arus keluar area pasar bahkan menuju Pasar Ayu untuk mengirim barang atau pesanan. Dengan hadirnya PT APL di basement Pasar Klewer diharap mampu mempermudah pedagang Pasar Klewer dan sekitarnya. Sekaligus menurunkan biaya produksi terlebih BUMN tersebut memberikan harga khusus bagi para pedagang. 
 
Subagiyo mengatakan, masa pakai PT APL di Pasar Klewer selama tiga tahun namun tidak menutup kemungkinan akan ada perpanjangan kontrak. Pihaknya memastikan PT APL punya hak dan kewajiban sama seperti pedagang lain, punya SHP dan membayar retribusi. 
 
"Mudah-mudahan APL benar-benar melayani masyarakat dengan cepat, mudah, murah, dan dijamin keamanannya," harap Subagiyo.
 
Sedangkan Kepala PT APL Cabang Surakarta dan Yogyakarta, Priyo Jatmiko mengatakan, jasa pengiriman ini tidak hanya mengakomodir pedagang Pasar Klewer, tapi juga masyarakat kabupaten lain. ''Untuk logistik udara targetnya 30 persen sekitar 500 kg sampai 1 Ton per hari. Sedangkan logistik darat targetnya 70 persen atau 2 sampai 3 Ton per hari," terang Priyo.
 
Sementara itu, perwakilan pedagang pasar, Kadir menyambut dengan senang hati PT APL di Pasar Klewer. "Jadi kita lebih mudah, cepat dan kalau musim hujan tidak kehujanan dalam pengiriman barang ke luar pulau atau luar negeri. Kita ingin pelayanan ramah, harga murah, datangnya tepat, dan aman," ujar wanita berjilbab tersebut.
 
Selama menggunakan jasa PT APL, Kadir mengaku pengiriman barang mencapai 3-4 kwintal per hari lewat jalur darat. Namun bila keadaan mendesak seperti pesanan yang harus sampai hari itu juga, ia memilih jalur udara. (Arum-A)

(Redaksi Solotrust)

Baca Juga:

Perjalanan Robongan Caleg Ini Terhenti Akibat Jembatan Putus

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com