Hard News

7 Gejala Kanker Otak yang Tak Boleh Diremehkan

Jateng & DIY

17 Juni 2019 14:03 WIB

Ilustrasi.

JAKARTA - Berita mengejutkan datang dari penyanyi dangdut, Agung Hercules. Melalui unggahan di akun Instagram sang istri, Mira Rahayu, ia pun mengabarkan bahwa pria yang dikenal dengan lagu Astuti dan mikrofon barbelnya itu tengah mendapatkan perawatan intensif di RSUD Tangerang Modernland.

Baca juga:



Agung Hercules Divonis Mengidap Kanker Otak

Rasa penasaran dan pertanyaan mengenai penyakit yang diderita Agung Hercules dari warganet pun langsung membanjiri kolom komentar foto tersebut. Akhirnya, Mira pun membalas dan mengatakan bahwa suaminya terkena kanker otak atau glioblastoma.

“CA otak teh, glioblastoma stadium 4. Mohon doanya ya teh," balas istri Agung Hercules yang memiliki nama akun @mir4r4h4yu pada Minggu (16/6/2019).

Baca juga:

Sutopo Purwo Nugroho Menjalani Pengobatan Kanker ke Guangzhou, Cina

Memang, kanker otak atau glioblastoma adalah penyakit yang patut diwaspadai. Sebab, ini dapat menyerang siapa saja dan apabila tidak segera ditangani, dapat berbuah kematian. Oleh karena itu, sebagai bentuk antisipasi, berikut adalah beberapa gejala yang sering timbul pada pasien kanker otak seperti dikutip dari Boldsky dan Web MD.

 

1. Tidak seimbang

Tersandung dan jatuh, kesulitan menyisipkan kunci pada lubang kunci pintu, menjatuhkan benda, dan lain-lain. Ketika kondisi ini semakin sering terjadi, waspada itu adalah gejala tumor otak karena impuls saraf melemah.

 

2. Mati rasa

Gejala lain yang mengejutkan dari tumor otak adalah mengalami mati rasa di tangan dan kaki, juga kesemutan di seluruh tubuh yang biasanya terjadi karena tekanan darah rendah.

 

3. Daya ingat menurun

Sering lupa, bingung, kesulitan mengingat peristiwa tertentu atau kata-kata yang spesifik, ini juga gejala tumor otak.

 

4. Mual

Mengalami mual dengan alasan yang tidak jelas juga bisa menjadi salah satu gejala dari tumor otak yang sering diabaikan.

Baca juga:

Kanker Paru-paru Ternyata Bisa Menyebar ke Organ Vital Lainnya

 

5. Penglihatan kabur

Apabila melakukan pemeriksaan mata dan hasilnya tidak ada masalah, namun penglihatan masih kabur, maka perlu pemeriksaan lanjutan, yakni pada otak.

 

6. Sulit bicara

Mengalami kesulitan bicara atau mengartikulasikan sesuatu. Contohnya gagap atau terbata-bata saat bicara karena fungsi kognitif menurun.

 

7. Wajah nyeri

Jika mengalami rasa sakit yang tajam atau ngilu beberapa bagian wajah, itu bisa menjadi gejala lain dari tumor otak. #teras.id

(wd)