Serba serbi

Lomban Tayu Sebagai Tradisi Tahunan Warga Tayu

Wisata & Kuliner

14 Juni 2019 05:09 WIB

Larung sesaji di sungai Tayu.


PATI, solotrust.com- Pasca hari raya Idul Fitri, warga gelar larung sesaji di sungai Tayu, Kamis (13/6/2019). Kegiatan turun-temurun ini sampai saat ini masih selalu dilaksanakan oleh warga Tayu.



Larung sesaji ini juga diramaikan dengan lomban, dimana pengunjung bisa menyewa perahu nelayan untuk menyusuri sungai Tayu. Tak lupa, bagi yang mempunya kerabat di Tayu, biasanya menghidangkan kupat ataupun lontong opor.

Hadir dalam acara larung sesaji tersebut  Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, Muspika Tayu, Kades dan perangkat desa Sambiroto Tayu, perwakilan Kades se Kecamatan Tayu.

Wabup Safin dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Lomban sungai Tayu merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun sekali.

“Larung sesaji merupakan tradisi sebagai simbol bahwa kita wajib untuk bersyukur kepada Allah SWT agar di berikan hasil laut yang melimpah dan di berikan keselamatan kepada seluruh masyarakat,” ujarnya.

Danramil 03/Tayu Kapten Arh  Abdul Wahid melalui Batuud Pelda AC Rosidi mengatakan, kegiatan yang berlangsung setiap tahun ini selalu ramai dikunjungi, baik warga seputar Pati maupun di luar Pati.

“Untuk itu kami selaku anggota Koramil 03/Tayu bersinergi dengan Polsek serta panitia selalu memantau kegiatan ini mulai dari awal sampai dengan berakhirnya kegiatan ini,” Ungkapnya.  

(wd)