Jumat , 18 Oktober 2019

Jadi TPS Unik, TPS 27 Joho Kampoeng Hepi Dapat Hadiah Kambing

13 Juni 2019 12:24 WIB


Ilustrasi.


SOLO, solotrust.com - Euforia Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April masih terasa di Kota Solo. Bukan perkara siapa yang pemenang dalam ajang demokrasi itu. Melainkan soal kreatifitas yang ditunjukkan publik untuk meningkatkan partisipasi masyarakat.



Baca juga: Unik, TPS 27 Kampung Joho Manahan Usung Konsep Sejarah

 

Seperti yang dilakukan oleh Tempat Pemungutan Suara (TPS) 27 Kampung Joho RT 07, RW 10, Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, atau yang dikenal dengan sebutan Joho Kampoeng Hepi (JKH) yang berhasil mendapatkan hadiah seekor kambing Jawarandu dari Pemkot Surakarta, sebagai apresiasi atas penyelenggaraan Pemilu yang mengemas TPS dengan seunik mungkin, serta meraih partisipasi pemilih mencapai angka 80 persen.

“TPS 27 Joho Kampoeng Hepi mendapatkan hadiah seekor kambing dari Pak Rudy (Wali Kota) dan Pak Pur (Wawali), karena menjadi TPS unik dan tingkat partisipasi pemilih yang terdaftar di TPS 27 ini mencapai 80 persen, diusulkan oleh Camat Banjarsari pak Irianto," ujar ketua KPPS TPS 27, Ipung Kurniawan Yunianto saat ditemui solotrustcom di sela serah terima kambing di kantor sementara Kecamatan Laweyan, Jl. Dr. Radjiman no. 614 Sondakan, Laweyan, Surakarta, pada Rabu (12/6/2019) sore.

Sementara itu, Sekcam Kecamatan Laweyan, Herwin Tri Nugroho Adi mewakili pemerintah yang menyerahkan kambing tersebut menuturkan, keunikan dari TPS 27 yaitu mengusung tema mataraman, dengan menyuguhkan pesta kostum Raja Solo, rakyat tempo dulu hingga prajurit kolonial (kompeni).

Dijelaskan Herwin, ada dua kriteria yang diunggulkan mendapatkan kambing, yakni TPS dengan angka partisipasi pemilih di TPS-nya minimal 95% dan yang diselenggarakan secara unik.

"Tak hanya itu, TPS 27 juga menyelenggrakan Mider Projo (sosialisasi keliling kampung untuk mengajak warga berpartisipasi dalam pemilu), bahkan juga menyediakan jajan pasar, dawet seger, jamu jawa hingga sate lontong yang dibagikan gratis pada seluruh pemilih yang hadir," papar dia.

Sementara itu, Ketua RT.07 RW.10 Kampung Joho, Dian Sakti Kusumo, berharap hadiah ini menjadi pelipur rasa lelah para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang bekerja keras menyelesaikan tahapan Pemilu.

"Kami berharap penghargaan ini menjadi pemicu semangat guyub rukun dan menjadikan JKH sebagai kampung kreatif yang menunjang program-program pemerintah kota Surakarta," ujar dia. (adr)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »

17 April 2019 06:26 WIB

TPS Unik, NYoblos di Dalam Becak