Selasa , 18 Juni 2019

Puncak Pekan Syawalan, TSTJ Gelar Kirab Joko Tingkir dan Sebar Ketupat

10 Juni 2019 10:21 WIB


Wali Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo bersama Wawali Surakarta Achmad Purnomo menaiki kereta kuda dalam kirab Joko Tingkir, Minggu (9/6/2019).

SOLO, solotrust.com - Puncak Pekan Syawalan Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo ditandai dengan perhelatan Kirab Joko Tingkir, pada Minggu (9/6/2019)

Kirab dimulai pukul 10.00 WIB mengambil start dari Kelurahan Pucangsawit menuju Solo Zoo. Kirab diikuti lebih dari 300 peserta yang terdiri dari rombongan pejabat Pemkot Surakarta seperti Wali Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo duduk dalam satu kereta kudu bersama Wakil Wali Kota Achmad Purnomo, dan rombongan lainnya.



Disusul perjunjukan berbagai potensi kesenian dan budaya masyarakat seperti lembu suro, batik carnival, reog, barisan ulama dan prajurit keraton hingga kerbau keturunan Kyai Slamet yang turut dalam rombongan kirab.

Sementara itu, sosok Joko Tingkir diperankan oleh KGPH Mangkubumi, yang tak lain adalah keturunan Joko Tingkir. Pria yang juga merupakan putra dari Sinuhun Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Pakubuwono XIII turut dalam rombongan dengan menunggangi seekor kuda.

Setelah sampai di area TSTJ, diadakan drama teatrikal kisah Joko Tingkir dan prosesi Puncak Pekan Syawalan Kirab Joko Tingkir ditutup dengan pembagian ribuan ketupat, buah dan sayur kepada masyarakat.

"Ada 3.000 lebih ketupat yang di sebar untuk masyarakat. Kegiatan ini untuk memeriahkan masa Idulfitri memberikan pertunjukan hiburan  edukasi bagi pemudik dan wisatawan, sekaligus melestarikan tradisi ini," kata Dirut Perusda TSTJ Surakarta, Bimo Wahyu Widodo Dasir Santoso kepada solotrustcom

Pada puncak Pekan Syawalan, jumlah wisatawan yang mengunjungi TSTJ melampaui target 15.000 pengunjung.

"Pengunjung hari ini Alhamdulillah melampaui target, ada 15.127 pengunjung meningkat dari hari-hari sebelumnya di Pekan Syawalan ini," papar dia. (adr)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »