Kamis , 22 Agustus 2019

Ribuan Orang Mudik Gratis Kembali ke Jakarta Hari ini

8 Juni 2019 15:17 WIB


Suasana seremonial pelepasan bus peserta mudik gratis arus balik ke Jakarta di Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta, Sabtu (8/6/2019)

SOLO, solotrust.com – Ribuan orang peserta mudik gratis Kementerian Perhubungan RI kembali diberangkatkan menuju Jakarta, Sabtu (8/6/2019) pagi ini. Pemberangkatan puluhan bus yang ditumpangi peserta mudik gratis itu dilaksanakan langsung oleh pihak Kementerian Perhubungan dan disaksikan oleh jajaran Muspida Kota Surakarta di Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta.

Baca juga: Arus Balik, Pertamina Tambah Stok BBM di tol Trans Jawa



”Total armada sebanyak 89 bus dengan jumlah penumpang lebih dari 4000 orang,” ujar Kasubdit Angkutan Barang, Direktorat Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan RI, Syaiful Bachri kepada wartawan usai melepas keberangkatan arus balik peserta mudik gratis.

Syaful menuturkan, peserta mudik gratis diberangkatkan secara serentak dari 5 kota di wilayah Jawa Tengah menuju Jakarta, meliputi Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Wonogiri dan Solo.

”Total ada sebanyak 10.350 orang, diangkut  dengan 230 armada bus menuju jakarta,” kata dia.

Syaiful menuturkan tujuan dari program mudik gratis adalah untuk menekan angka kecelakaan dan kemacetan di jalan raya pada saat masa angkutan lebaran, program itu beriringan dengan pembangunan infrastruktur yang dikembangkan oleh pemerintah. Jika dilihat dari persentase angkat kecelakaan baik kendaraan roda empat maupun dua pada masa arus mudik dan balik lebaran 2019, turun sebesar 62 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu. Jumlah kecelakaan arus mudik dan balik 2019 tercatat hanya 446 kasus jauh dibawah tahun 2018 lalu sebanyak 1.178 kasus.

Ia berharap program mudik gratis dapat rutin dilakukan setiap tahun pada masa angkutan lebaran dengan anggaran yang lebih tinggi agar menjangkau wilayah lainnya di luar Jawa.

”kami berharap program ini diselenggarakan secara terus menerus, anggaran setiap tahunnya ditambah untuk membantu masyarakat kembali ke kampung halaman dengan asyik dan lancar, termasuk menjangkau yang di luar Jawa,” ucap dia.

Sementara itu, Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta, Joko Sutriyanto menambahkan, selain program mudik gratis Kemenhub, ada pula program mudik gratis Pemprov DKI Jakarta yang diberangkatkan hari ini. Ia menyebut peminat program mudik gratis meningkat dari tahun lalu.

”Yang dari Pemprov DKI ada sekitar 1.800 orang, dengan armada 35 bus.” terang dia.

Di samping itu, untuk program mudik gratis baik Kemenhub maupun Pemprov DKI juga memberangkatkan pemudik gratis dengan sepeda motor. Pemberangkatan sepeda motor dibagi dua gelombang, yakni pada Jumat (7/6) dan Sabtu (8/7). Sepeda motor milik pemudik Kementerian Perhubungan berjumlah 206 unit kendaraan bermotor diangkut dengan menggunakan 11 Truk. Sedangkan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diberangkatkan sebanyak 104 unit kendaraan bermotor dengan menggunakan 5 truk. (adr)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com