Senin , 16 September 2019

Pemkot Gelar Salat Id, Momentum Lebaran Umat Diajak Rajut Silaturahmi

05 Juni 2019 09:42 WIB


Suasana Salat Id di Halaman Balai Kota Surakarta, Rabu (5/6/2019).

SOLO, solotrust.com - Ribuan umat muslim melaksanakan ibadah Salat Id dalam rangka memperingati Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1440 H, yang digelar di Halaman Balai Kota Surakarta, Rabu (5/6/2019) pukul 06.00 WIB.

Teror bom bunuh diri di Pospam Kartasura pada H-2 lebaran pada Senin (3/6/2019) malam tidak menyurutkan langkah mereka untuk bersujud di hadapan Allah sang pemberi kehidupan.



Pantauan solotrust.com, jama'ah sudah mendatangi lokasi sejak pukul 05.30 WIB. Tampak hadir Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo, Kepala Kemenag Surakarta Musta'in Ahmad, Sekda Surakarta Ahyanie berada di saff depan.

Salat Id dipimpin oleh Imam KH. Subari, selaku Ketua Majelis Ulama Indonesia surakarta. Dan khotbah dibawakan oleh Mufrod Teguh Mulyo, yang merupakan Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta.

Dalam khotbahnya, Mufrod menyampaikan tema yang diusung dalam Salat Id Idulfitri 1440 H adalah Takbir, Tahmif dan Tasbih Sebagai Pujian Kepada Allah SWT. 

Umat diajak untuk menghayati kembali makna fitrah, baik sebagai hamba Allah maupun sebagai kholifatullah fil ardh yang dimaknai kembali kepada kesucian rohani. Umat diajak untuk tidak menyimpan dendam dan benci kepada sesama manusia termasuk kaum minoritas di negeri ini.

Puasa dengan semua rangkaian ibadah di dalamnya, tadarus, berdzikir dan beriktikaf disempurnakan dengan membayar zakat fitrah. Dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara setiap individu didorong untuk mengevaluasi diri, hati, pikiran, mata, telinga dan puasa secara keseluruhan.

"Dosa atau kesalahan sesama manusia akan terhapus atau terampuni, apabila saling memaafkan, oleh karena itu mari ciptakan momentum yang suci ini untuk saling meminta dan memberi maaf atas segala kesalahan antara sesama, hilangkan dendam, singkirkan prasangka buruk, sirnakan keangkuhan dari lubuk hati yang dalam," ujar Mufrod di hadapan ribuan umat muslim

Mufrod berharap hari raya lebaran dapat dijadikan momentum untuk menghentikan dendam dan sarana merajut silaturahmi antar sesama.

Di samping itu, usai Salat Ied berjamaah, Wakil Wali Kota menerima ucapan selamat Idulfitri sekaligus berhalal bi halal dan open house di belakang Pendaphi Gede Balai Kota Surakarta. Tak hanya itu Wakil Wali Kota juga membagikan zakat fitrah kepada warga.

Setelah ini, open house dilanjutkan di rumah dinas Wawali, Jalan Gajah Mada No.72 Surakarta pada pukul 08.30-12.00 WIB. (adr)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com