Serba serbi

Liverpool Juara Liga Champions, Alisson Becker Bak Tembok Kokoh

Olahraga

3 Juni 2019 01:01 WIB

Kiper Liverpool, Alisson Becker, bermain dengan anaknya setelah berhasil mengalahkan Wolverhampton Wanderers dalam pertandingan Liga Inggris di Anfield, Liverpool, 12 Mei 2019.

JAKARTA - Liverpool berhasil merengkuh gelar juara Liga Champions 2018/19 setelah menumbangkan Tottenham Hotspur di partai puncak dengan skor 2-0, Minggu dinihari WIB. Gol kemenangan The Reds dicetak Mohamed Salah (penalti) dan Divock Origi.

Ini menjadi trofi Liga Champions pertama Liverpool setelah terakhir kali merengkuhnya pada musim 2004/05 silam. Artinya, sudah lebih dari satu dekade Liverpool tak merasakan gelar prestisius tersebut.



Kemenangan ini juga sekaligus memperjelas bahwa Liverpool lebih baik dibandingkan dengan Tottenham. Pasalnya, The Reds berhasil keluar sebagai pemenang pada tiga pertemuan terakhir atas Tottenham.

Gelar juara ini tak terlepas dari penampilan apik para pemain Liverpool. Seperti yang diketahui, pelatih Jurgen Klopp menurunkan sejumlah pilar utama di pertandingan tersebut. Bahkan nama yang sempat absen saja, dimainkan sejak awal laga seperti Salah dan Roberto Firmino.

Berbicara soal penampilan apik, penjaga gawang Alisson Becker layak mendapatkan apresiasi lebih pada pertandingan tadi. Berkat kehadirannya, gawang Liverpool tetap steril sepanjang pertandingan.

Pertahanan kokoh Liverpool menjadi kunci keberhasilan mereka dalam menyabet gelar Liga Champions musim ini. Alisson Becker menjadi pemain yang paling bersinar pada pertandingan malam tadi.

Bahkan situs Whoscored saja memberikan nilai paling tinggi kepada penjaga gawang Timnas Brasil tersebut. Mantan penjaga gawang AS Roma tersebut diberikan nilai sebesar 8,7.

Alisson mampu melakukan penyelamatan sebanyak delapan kali sepanjang 90 menit. Dirinya mampu meredam sejumlah gempuran Tottenham di babak kedua dengan sempurna.

Salah satu penyelamatan heroik Alisson adalah ketika berhasil meredam sepakan keras Son Heung-min dari luar kotak penalti. Masih dalam kesempatan yang sama, dirinya juga mengamankan percobaan Lucas Moura di mulut gawang Tottenham.

Jika Alisson gagal mengantisipasi sejumlah percobaan tersebut, bukan tidak mungkin jika Tottenham yang bakal keluar sebagai juara. Beruntung, Alisson tetap fokus dalam membaca arah bola.

Alisson sendiri telah mencatatkan clean sheets dalam tiga pertandingan terakhir secara beruntun. Sebelumnya Alisson mampu menjaga gawangnya dengan sempurna saat berhadapan dengan Wolverhampton (2-0) dan Barcelona (4-0). #teras.id

(wd)