Sabtu , 20 Juli 2019

Perhatikan 4 Cara Rawat Sikat Gigi

1 Juni 2019 19:27 WIB


Ilustrasi.

JAKARTA - Sikat adalah salah satu senjata penting yang berguna untuk menjaga kesehatan gigi. Seperti yang sering disarankan oleh para ahli, sikat gigi umumnya harus diganti setelah tiga bulan pemakaian. Namun tahukah Anda, bahwa merawat sikat guna membersihkan gigi dengan baik tak hanya sekadar dengan menggantinya saja?

Melansir dari situs Boldsky, empat hal ini juga wajib diterapkan.



1. Tidak membagi penggunaannya

Sikat gigi termasuk barang yang personal. Sebab menurut para ahli, mikroba yang ada di dalam mulut dapat berpindah ke sikat gigi saat digunakan. Bayangkan jika Anda meminjamkannya kepada anggota keluarga atau bahkan teman? Bakteri dan penyakit darinya tentu akan sangat mudah untuk masuk ke dalam tubuh Anda.

 

2. Jangan meletakkan sikat gigi dekat dengan toilet

Sangat dianjurkan untuk tidak menyimpan sikat gigi dekat dengan toilet. Apalagi saat menekan tombol flush. Sebab, saat menekan tombol tersebut, air di dalam toilet dapat menjangkau area di sekitarnya hingga 3 meter. Bayangkan jika sikat gigi Anda terkontaminasi air toilet.

 

3. Jangan membungkus sikat gigi dengan tutup plastik atau tisu

Guna melindungi sikat gigi, umumnya Anda akan membungkusnya dengan sebuah penutup. Namun, jangan sekali-kali memiliki bahan dasar plastik ataupun tisu. Sebab kedua bahan tersebut justru dapat melembutkan bulu sikat gigi. Dalam kondisi ini, bakteri berbahaya pun akan lebih mudah untuk berkembang biak di dalamnya.

 

4. Pastikan sikat selalu dalam keadaan tegak vertikal

Sangat dianjurkan untuk menyimpan sikat gigi dalam keadaan berdiri vertikal, seperti meletakkan di gelas. Sebab, jika Anda menyimpannya secara horizontal setelah digunakan, air bilasan pun tidak akan kering. Ini akan membuat sikat gigi menjadi media yang sangat baik baik bakteri untuk berkembang. #teras.id

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »