Selasa , 16 Juli 2019

137 Motis Telah Sampai di Stasiun Purwosari

30 Mei 2019 04:07 WIB


Motis di Stasiun Purwosari.

SOLO, solotrust.com - Ratusan unit sepeda motor yang ikut program Angkutan Motor Gratis (Motis) dengan Moda Kereta Api mudik lebaran tahun 2019 telah sampai di Stasiun Purwosari, Solo.

Wakil Kepala Stasiun Purwosari Solo, Helly Indrayanto mengatakan, untuk motis di Stasiun Purwosari sudah dilaksanakan mulai tanggal 27 Mei 2019. Program Motis sendiri dilaksanakan selama 13 hari yaitu H-7 hingga H+6 Lebaran.



"Pemberangkatan setiap hari, kecuali tanggal 5 Juni atau pas Lebaran hari pertama libur. Data baru 3 hari ini sudah ada penurunan 137 sepeda motor yang diikutkan Motis," tuturnya saat ditemui solotrust.com di kantornya, Rabu (27/5/2019).

Menurutnya, untuk kapasitas angkutan motis terdiri dari 8 gerbong kereta api yang mengangkut angkutan barang dengan kapasitas 484 unit. Unuk angkutan motis tahun ini bila dibandingkan tahun lalu kapasitasnya sama, dibatasi hanya 484 unit.

Meski sementara ini di stasiun Purwosari mulai ada peningkatan jumlah pengguna angkutan motis untuk arus mudik periode Lebaran 2019, namun pihaknya belum bisa menentukan apakah memungkinkan ada peningkatan jumlah pengguna motis ke depannya.

"Sedangkan untuk motor yang naik baru sekitar 3-4 unit. Karena kalau arus balik baru ramai setelah Lebaran," imbuhnya.

Untuk motis, KAI menggunakan secara total 3 lintasan yaitu 2 lintas selatan dan 1 lintas utara. Lintas di selatan ada 2 angkutan motis dari Stasiun Pasar Turi Surabaya sampai Jakarta Gudang dan dari Jakarta Gudang sampai Kutoarjo melewati Bandung. Di Purwosari, motis turun jam 12.00 dari Jakarta, dan dari Surabaya jam 06.30.

Untuk masalah pengamanan, pihak KAI bekerjasama dengan ekspedisi yaitu LNP yang bertanggungjawab langsung pada angkutan barang di wilayah Daerah Operasional (Daop) VI Yogyakarta.

"Kami dari Stasiun Purwosari minta kepada pihak LNP yang mengurus motis agar menjaga keselamatan dan tidak mengganggu aktivitas penumpang naik turun di stasiun," kata Helly.

Adapun pendaftaran motor secara online mulai tanggal 12 Maret 2019 untuk pengangkutan motor arus mudik pada tanggal 27 Mei - 02 Juni 2019 dan arus balik pada tanggal 08 - 13 Juni 2019. Dan pendaftaran ditutup saat kuota telah terpenuhi.

Sebagai informasi, berdasar pengumuman dari Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI, pendaftaran online telah ditutup pada 23 Mei 2019 pukul 23:59 WIB. Pendaftaran hanya dapat dilakukan secara langsung datang ke posko pendaftaran pada stasiun-stasiun yang ditunjuk. (Rum)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com