Minggu , 17 November 2019

Ini Fasilitas yang Ada di Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan

28 Mei 2019 10:53 WIB


Kepala BPJS Kesehatan Cabang Surakarta Bimantoro (berpeci) dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, Yunia Wahdiyati (jilbab merah).

SOLO, solotrust.com- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menyiapkan sejumlah fasilitas kesehatan untuk para pemudik di dalam genggaman.

Kepala BPJS Cabang Surakarta, Bimantoro mengatakan, fasilitas tersebut dapat diakses melalui aplikasi Mobile JKN dan aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang baru-baru ini dikembangkan dapat di-download secara gratis di Playstore dan Appstore



Bimo menerangkan, aplikasi tersebut menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-Iokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan.

"Jadi masyarakat bisa tanya jawab, bisa menyampaikan apabila ada keluhan rasa sakit, dan banyak informasi lainnya yang bisa diperoleh seperti bengkel, restaurant dan sebagainya," kata dia.

Bimantoro menambahkan, saat ini juga telah dikembangkan fitur aplikasi Saluran lnformasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP) di rumah sakit untuk pendaftaran bayi baru lahir peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan perhitungan denda layanan, sehingga peserta tidak perlu datang ke Kantor BPJS Kesehatan.

"Di samping itu, masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 yang beroperasi 24 jam termasuk hari Minggu dan libur, untuk memperoleh informasi atau menyampaikan pengaduan," pungkas dia

Pada kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, Yunia Wahdiyati menambahkan, para pemudik bisa menghubungi layanan cepat tanggap darurat Public Safety Center (PSC) 119 apabila terjadi kejadian kegawatdaruratan kesehatan.

''Jika ada kegawatdaruratan jangan ragu mengubungi PSC 119," kata Yunia

Untuk diketahui, masing-masing pemerintah daerah menyiapkan tenda rest area. Dinkes Sukoharjo sebanyak 4 posko, Sragen 9 posko, Surakarta 5 posko dan Karanganyar 7 posko. (adr)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »