Hard News

1.200 Bus Mudik Gratis Pemprov Jateng Berangkat 1 dan 2 Juni dari Jakarta

Jateng & DIY

24 Mei 2019 14:17 WIB

Ilustrasi.

SOLO, solotrust.com - Sebanyak 1.200 armada bus mudik gratis dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bakal diberangkatkan dari Jakarta menuju Jawa Tengah pada Sabtu dan Minggu (1-2/6/2019).

"Kita sudah mendapatkan jadwalnya bergiliran baik dari Kementerian Perhubungan maupun pemerintah provinsi baik pemudik saja maupun pemudik dengan kendaraan, mereka berangkat dari Jakarta tanggal 1 dan 2 Juni," ungkap



Tak dipungkiri Peni, tren mudik melalui jalur darat kini menjadi favorit masyarakat terlebih setelah beroperasinya Tol Trans Jawa, dan di lain sisi harga tiket maskapai penerbangan kini sedang naik.

"Jadi geliatnya di Bandara tidak begitu signifikan, karena lebih banyak pemudik melalui jalur darat meningkat sehingga kita banyak fasilitas jalan darat yang mudah dijangkau, minat pada mudik gratis meningkat," terang dia.

Berdasarkan hasil survey Badan Penelitian dan Pengembangan Direktorat Jendral Perhubungan Darat Kememterian Perhubungan menyebut pada arus mudik dan balik lebaran 2019 pemilihan moda transportasi yang paling diminati adalah bus, dengan jumlah penumpang diprediksi sebanyak 4.459.690 orang, sedangkan di peringkat kedua mobil pribadi sebanyak 4.300.346 orang.

"Khusus untuk Solo sebagai daerah tujuan utama Jawa Tengah bagian Timur semua. Kami berkoordinasi dengan pemerintah daerah fokus pada exit tol yang menghubungkan ke jalan provinsi maupun ke kabupaten, penambahan RPPJ (Rambu Pendahulu Petunjuk Jalan) di exit tol dari Bawen sampai Sragen," ujar Peni.

"Kota Solo secara umum sudah siap, jalan tol sudah operasional, rest area sudah tersedia, terminal juga sudah sangat siap karena ada kenaikan penumpang signifikan," tutupnya. (adr)

(wd)