Kamis , 22 Agustus 2019

Wali Kota Benarkan Informasi Pelayanan Kesehatan Gratis di Puskesmas. Khusus Warga Solo

20 Mei 2019 15:41 WIB


Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo saat menandatangani prasasti peresmian gedung Puskesmas Purwodiningratan, Jebres, Solo, Jumat (12/1/2018) lalu. (Dok.solotrust.com).

SOLO, solotrust.com - Wali Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo membenarkan informasi yang beredar di grup WhatsApp mengenai pelayanan kesehatan gratis bagi warga Solo merupakan kebijakan Pemkot Surakarta.

"Memang kebijakan itu kami sampaikan saat pembagian KIS Jumat (17/5/2919) kemarin, intinya kami ingin semua pelayanan harus sama, tidak ada istilah puskesmas satu dengan yang lainnya itu beda - beda dalam memberikan keputusan pelayanan kesehatan," kata Rudy kepada solotrust.com, Senin (20/5/2019).



Rudy menegaskan, pelayanan kesehatan gratis itu mencakup periksa secara keseluruhan maupun cek laboratorium. Hanya saja yang perlu digaris bawahi adalah pelayan kesehatan itu hanya berlaku bagi warga yang ber-Kartu Tanda Penduduk Surakarta dan berdomisili di Surakarta.

Selain itu, pasien harus terdaftar kepesertaannya dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dengan menyertakan kartu KIS yang dimiliki beserta fotokopi KTP Surakarta dan surat keterangan domisili atau surat keterangan tinggal dari kelurahan setempat.

"Yang dibebaskan adalah periksa secara keseluruhan maupun cek laboratorium 8 item seperti periksa mata, gigi dan lainnya, untuk digratiskan, dengan menunjukkan KTP, surat domisili, dan kartu KIS. Syarat itu kita berlakukan karena eksodus pindah ke Solo itu luar biasa, semua maunya di Solo," pungkasnya. (adr)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com