Hard News

Jelang Mudik, Dishub Surakarta Mulai Siapkan Sarana Prasarana

Jateng & DIY

19 Mei 2019 09:32 WIB

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta Hari Prihatno saat meninjau kondisi lalu lintas di kawasan Purwosari, Solo, pada arus mudik lebaran, Rabu (13/6/2018) lalu (dok. solotrust.com)

SOLO, solotrust.com - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan mencatat sebanyak 642.789 Pemudik dari wilayah Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi (Jabodetabek) memiliki tujuan ke Kota Solo pada masa lebaran 2019.

Untuk memberikan kenyamanan Pemudik yang singgah maupun hanya melintasi Kota Solo, Pemkot menyiapkan berbagai sarana dan prasarana, mulai dari rest area, rambu petunjuk jurusan, layanan derek mobil gratis hingga tim patroli kota.



"Pemerintah kota sudah mempersiapkan bagaimana menghadapi para pemudik tamu-tamu dari luar Solo, salah satunya fokus penyiapan sarana prasarana lalu lintas dan angkutan jalan di Kota Solo siap untuk menerima pemudik yang tujuannya di kota solo," terang Ketua Angkutan Lebaran 2019 Dinas Perhubungan (Dishub) Surakarta, Taufiq Muhammad kepada solotrust.com, Sabtu (18/5/2019).

Sebelumnya diberitakan, Kota Surakarta menjadi kota/kabupaten yang menjadi tujuan pemudik dari Jabodetabek (Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi) tertinggi di Provinsi Jawa Tengah.

Taufiq menerangkan, Kota Surakarta tercatat menjadi tujuan pemudik di Jawa Tengah, dengan jumlah tertinggi sebanyak 642.789 orang pemudik atau sekitar 4,31 persen, disusul Semarang berjumlah 563.881 orang atau sekitar 3,78 persen dan Tegal 354.110 orang atau sekitar 2,38 persen.

"Benar, menurut data pusat, Surakarta menjadi tujuan pemudik paling tinggi dari wilayah Jabodetabek, disusul Semarang dan Tegal," kata Taufiq. (adr)

(wd)