Serba serbi

Fitur-Fitur Google yang Akan Temani Ramadan Anda

Tips & Trik

19 Mei 2019 12:25 WIB

Ilustrasi Google.

JAKARTA - Google telah merilis beberapa fitur baru yang bisa digunakan untuk membantu aktivitas selama bulan Ramadan. Fitur yang disediakan Google ini bisa menemani aktivitas seperti sahur, mudik, jadwal solat bahkan bisa menunjukkan arah kiblat.

"Kami menghadirkan fitur ini untuk memudahkan pengguna Google yang memiliki perubahan aktivitas selama bulan Ramadan. Beberapa fitur yang kita share ini tidak asing, tapi ada juga yang baru tapi tujuannya adalah bagaimana kita membantu untuk menemani aktivitas berpuasa," ujar Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami, di Jakarta, Kamis, 16 Mei 2019.



 

Berikut detail fitur-fitur yang bisa menemani aktivitas Ramadan Anda:

1. Google Search

Product Marketing Manager Google Indonesia Ridzky Novasandro menjelaskan bahwa perubahan rutinitas menjadi hal yang harus disesuaikan, ditambah lagi, harus berpuasa sebulan penuh. Sekarang, pengguna cukup mencari kata 'Ramadan', 'bulan Ramadan' dan 'puasa' di Google Search.

Aplikasi pencarian itu bisa menjadi pusat informasi untuk merencanakan aktivitas selama Ramadan. "Mulai dari jadwal salat hingga mencari arah kiblat, Google Search menyediakan informasi itu," tutur Sandro.

Untuk waktu salat sudah disesuaikan dengan Kementerian Agama, caranya adalah pengguna cukup mengetik kata 'Ramadan' dalam Google Search. Setelah itu akan muncul Ramadan Box, yang menampilakan kotak dengan pilihan Prayer Times untuk waktu solat dan petunjuk kiblat.

Selain jadwal per- hari, pengguna juga bisa melihat jadwal dalam 30 hari mulai dari waktu Subuh hingga Isya, termasuk waktu imsakiyah. Sedangkan arah kiblat, pengguna cukup memilih petunjuk kiblat, setelah itu akan terhubung dengan Qibla Finder yang akan mencari arah dengan kamera.

"Sudah dilengkapi dengan augmented reality yang bisa menyesuaikan arah kiblat yang pas," tutur Sandro.

 

2. Google Assitant

Google Asisstant dapat membantu pengguna untuk mengetahui informasi dan mengatur aktivitas saat Ramadan dengan pesan suara. Dalam demonya, Sandro mencontohkan, dengan menekan tombol home pada smartphone lalu mengucapkan beberapa kalimat.

"Bangunin sahur jam 3 pagi," kata Sandro. "Dengan kalimat sehari-hari, kita bisa menggunakan Google Asisstant yang dibekali AI, jadi semakin sering kita pakai ini, maka Google Asisstant semakin pintar."

Setelah itu, secara otomatis smartphone mengaktifkan alarm jam 3 pagi. Selain itu, Google Asisstant juga bisa digunakan untuk mencari baju baru yang identik dengan hari raya Idul Fitri. Cukup menyuarakan apa yang ingin pengguna cari.

Google Asisstant ini bisa digunakan mulai dari sistem operasi Android 5.0 sampai yang terbaru. Jika menggunakan perangkat iOS, pengguna bisa mengunduh aplikasi terlebih dahulu.

 

3. Google Maps

Google Maps bekerja sama dengan Qraved, yang merekomendasikan tempat berbuka puasa, menghadirkan list restoran untuk yang telah dikurasi sesuai lokasi terdekat, sehingga pengguna tak perlu banyak waktu untuk menentukan spot berbuka puasa bersama.

Pengguna juga bisa langsung melakukan reservasi tempat makan tersebut melalui Google Maps itu. "Dalam momen mudik, selain membantu mencari restoran dan SPBU terdekat, Google Maps juga bekerja sama dengan pemerintah untuk memperbanyak informasi tentang rute terbaik, SPBU, rest area, posko mudik dan posko kesehatan," kata Vero.

Informasi tersebut dapat diakses mulai hari ini melalui Maps dan infomudik.go.id di tab Mudik bersama Google.

 

4. Google Play

Untuk menemani sambil menunggu berbuka puasa, Google Play hadir dengan berbagai rekomendasi aplikasi, game menghibur, promo istimewa buku dan film. Pengguna juga menikmati berbagai macam promo untuk pembelian buku juga aplikasi pendukung aktivitas.

 

5. YouTube Creator on The Rise

Yang tidak kalah seru adalah YouTube bisa dijadikan teman untuk perjalanan mudik, melalui YouTube Creator on the Rise, pengguna akan disuguhkan konten baru dari kreator yang populer.

Pengguna cukup masuk ke dalam aplikasi YouTube, lalu ketuk ikon trending yang ada di bawah halaman ponsel. Setelah itu, geser layar ke atas dan klik Creator on the Rise. Pengguna akan masuk ke dalam channel dari kreator yang sedang naik daun, dan memiliki konten untuk ditonton.

 

6. Google Duo

Vero menjelaskan bahwa tidak semua orang bisa berkumpul di hari lebaran. Oleh karena itu, kata dia, bagi yang tak bisa berkumpul bareng keluarga, bisa menggunakan aplikasi video call, Google Duo. Dengan beberapa fitur baru dari Google Duo, pengguna dapat merasakan kebersamaan dengan keluarga melakui video call.

"Google Duo dengan empat fitur baru, yakni Group Call, Video Message, Data Saving Mode dan Duo on Web, dapat membantu untuk mempererat silaturahmi tanpa melewatkan momen penting," tutut Vero.

Untuk fitur Group Call, pengguna bisa memilih hingga empat orang untuk bergabung dalam group video call Duo. Ada juga Video Message, ketika video call tidak terhubung, pengguna bisa mengirimkan pesan video, dengan merekam yang bisa divariasikan dengan gambar dan tulisan untuk selanjutnya dikirimkan.

Selain itu, ada Data Saving Mode, dengan fitur ini, pengguna bisa menikmati pengalaman video call yang lancar tanpa harus khawatir tentang penggunaan paket internet. Juga fitur Duo for Web, yang bisa membuat percakapan melalui berbagai perangkat seperti laptop atau pun lainnya. #teras.id

(wd)

Berita Terkait

Berita Lainnya